Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Selasa, 12 Mei 2009

Tata Nano udah digeber..GEA kapan?



Aduh, ini lookj mau ngegosip atau apaan sih? bukan kok, lookj lagi ngomongin teknologi mobil mini yang sudah berhasil dikembangkan oleh India dan Indonesia. Ukurannya sih sama, banderol juga mungkin sama murah, tapi...


Ya tapi TATA NANO sekarang sudah mulai diperjualbelikan di negara asalnya yaitu India. Duh jelasin dulu dong apa itu TATA NANO atau GEA. Oke deh, TATA NANO adalah suatu mobil mini yang dikembangkan oleh India dengan mengambil konsep"low cost car" alias mobil murah meriah euy. TATA NANO juga diklaim oleh produsennya merupakan mobil yang hemat energi dan merupakan mobil termurah di dunia (sekitar 25 juta). TATA NANO mulai rilis pada tanggal 23 Maret di India dan katanya belum ada tujuan untuk di ekspor.

Image Hosted by ImageShack.us


Lalu siapa si GEA? ya sama gan, GEA adalah kependekan dari Gulirkan Energi Alternatif yaitu sebuah mobil mini juga namun istimewanya GEA ini milik Indonesia, tepatnya dicetuskan PT Industri Kereta Api (Inka) di Madiun. Jika TATA NANO sudah mulai beredar, maka tidak dengan GEA. Mobil mini anak negeri ini masih terus dicoba dan dikembangkan agar nantinya setelah rilis banyak diminati oleh masyarakat. Cuma sepertinya budaya negeri ini muncul lagi yaitu tidak pernah menghargai karya sendiri dan cenderung tidak memberikan dukungan. Lookj padahal membaca TATA NANO dan GEA ini dalam waktu hampir bersamaan namun kenapa India lebih dulu merilis TATA NANO? yah semoga saja dugaan lookj tidak benar dan memang GEA masih berkembang, siapa tahu GEA akan menjadi idaman kita dan sedikit demi sedikit kita tidak akan bergantung produk luar lagi. Namun satu hal, kalau GEA atau TATA NANO dijual di Indonesia, jangan aja di Jakarta..bisa jadi tambah kacau kota Jakarta..hehehe..

Image Hosted by ImageShack.us


Yang ini TATA DADO

Image Hosted by ImageShack.us

6 komentar:

  1. Wah keren... Semoga proyek anak bangsa kita terus berkembang dan berhasil!!! :)

    BalasHapus
  2. wah 25 juta, mantap juga harganya :D
    kalau di jakarta ini mobil di jual, malah bakalan macet total, semua karyawan pake mobil :D

    BalasHapus
  3. Wiliiiih.....udah agak ada peningkatan nee orang Indonesia...

    BalasHapus
  4. Boleh minta gak LOOKJ? He he he

    BalasHapus
  5. Indonesia harus lebih banyak belajar dari jepang... mohon untuk designnya jangan CUPU gtu, india dengan tata nano nya bisa ngasih harga Rp 25 jt an dengan designnya yang mewah, sedangkan Tawon ngasih harga Rp 48 jt, mungkin bisa di costdown lagi, sistem produksinya diperbaiki lagi.

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.