Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Minggu, 28 Juni 2009

Printer ngeprint padahal baru aja dimatikan, gimana solusinya?



Postingan ini lookj dedikasikan kepada mata kuliah Sistem Operasi yang lookj pelajari hampir 1 semester dan sejujurnya lookj terlalu bego untuk memahami semua hal yang diajarkan. Pernahkah kamu ngeprint 2 file berbeda dan ternyata printer kamu ngadat setelah kamu print semuanya. Lalu kamu berinisiatif merestart komputermu untuk memprint file selain 2 tadi dan disanalah masalahnya karena 2 file tadi tiba-tiba diprint oleh komputer. Hua, agak-agak mengesalkan yach karena printer seenak dewe mengeprint file yang sebenarnya kita mau batalkan. Saat belajar OS, lookj tahu solusi masalah ini sebenarnya sederhana, yuk simak.


Untuk lebih mengertinya lagi lookj akan jelaskan apa yang terjadi pada komputer dan printer. Nah, Sistem Operasi yang kamu pakai, asumsikan Windows, sudah memiliki sebuah buffer atau penyangga yang berguna saat 2 proses printing yang terjadi secara bersamaan tidak saling menginterupsi(menyalip proses lain) melainkan mengantri dulu. Kalau tidak ada buffer maka hasil printing 2 file akan kacau, for example, kamu mengeprint 2 gambar yaitu gambar cowok dan gambar cewek. Kalau tidak ada buffer maka saat kamu print keduanya, 2 proses akan saling salip menyalip. Saat kepala cowok terprint eh pas badannya muncul badan cewek, inilah yang disebut intterupt.

Buffer ini sifatnya sementara yaitu saat kamu mulai mengeprint 2 file bersamaan, si buffer ini membentuk antrian pada 1 file lain agar tidak menyalip proses printing yang sedang berjalan. Saat proses printingnya ngehang dan kamu merestart komputer maka saat komputer menyala buffer ini masih ada dan tetap mengantrikan file yang akan diprint. Oleh karena itulah printermu melakukan printing walaupun kamu sudah merestartnya.

Image Hosted by ImageShack.us


Solusinya? gampang, buffer sebenarnya bersifat sementara tetapi sering karena kamu gagal mengeprint satu file, kamu langsung saja merestart komputer padahal cara yang benar adalah memberikan waktu untuk menghilangkan buffer di memori, sederhananya shutdown komputermu lalu nyalakan kembali setelah 15 menitan dan dijamin printermu tidak ngeprint seenak dewe. So, gampang kan??

4 komentar:

  1. hihihi....keren keren sukses selalu yachhh, n salam kenaal

    BalasHapus
  2. kalo gak salah itu namanya job pending yah??
    kalo job pending, komputernya gak usah di bunuh. bunuh komputer kan jalan terakhir. liat aja propertis job-nya. biasanya terlihat di tray (tergantung software printer). copot semua daftar file yg terpampang. lalu coba print lagi deh. kalo ternyata file yang di print benar, printer kamu udah normal. kalo bukan, berarti memang harus kamu bunuh printer dan komputernya (supaya refresh) dan coba lagi. namun cara seperti ini bisa ngebuat software kamu crash juga bisa mengakibatkan memperpendek umur harddisk kamu.

    BalasHapus
  3. restart sama sutdown bedanya apa?

    BalasHapus
  4. SOLUSI TEPAT DI MASA KRISIS !
    RAHASIA Rp.10 jt - 20 jt/HARI (DIJAMIN PASTI !)
    Revolusi dalam Mencari Uang di Tahun 2009
    PRODUK KAMI LEBIH AMAN KARENA BEDA

    Informasi lengkap klik: http://www.kkbaku.co.cc

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.