Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Sabtu, 09 Januari 2010

Formspring me, bagi kamu yang ahli sesuatu.


Jujur, kemarin baca-baca di dunia maya sampai larut malam akhirnya menyadari bahwa si lookj ini sangat jarang jalan-jalan ke blog orang untuk sekedar membaca perkembangan dunia internet. Bagaimana tidak, dalam sekali baca lookj mendapat banyak sekali social networking baru di dunia maya, hm..salah satunya social network yang tepat bagi kamu yang merasa TS ahli(istilah Pemilik Thread yang memang ahli dari detik.com). Intip aja deh di bawah ini.

Namanya formspring.me, sebuah social networking baru yang mirip twitter, tetapi lebih memfokuskan pada dua hal yaitu Q&A(Question and Answer). Dengan kata lain sahabat jangan harap bisa mengupdate status dari social networking ini namun yang bisa dilakukan hanya menunggu pertanyaan lalu menjawabnya (sejauh yang lookj tahu).



Tetapi, jika dilihat dari sisi berbeda fasilitas seperti ini malah membuat segmen yang mengerucut dan akan menjadi hal yang paling berbeda dibandingkan dengan social networking lain yang belakangan ngetrend dengan "Update status". Social Networking ini justru pas bagi sahabat yang merasa ahli dalam suatu hal dan ingin membuka ruang untuk pertanyaan yang sesuai dengan keahlian sahabat.

Misalnya saja nih lookj seorang guru Fisika, so lookj akan buat account di formspring lalu mengatakan ke para murid untuk membuat accountnya juga disana dan menanyakan segala hal tentang Fisika ke lookj. Yah walaupun sebenarnya email cukup untuk menghandle hal seperti ini namun tentunya ada rasa berbeda saat menjawab sesuatu lewat social networking.

Contoh kedua, misalnya saja kamu guru Fisika yang memiliki blog, tinggal embed saja aplikasi formspring.me ke blog. Caranya? yah jadi tutorial juga nih, ikuti langkah di bawah ini:

1. Daftar di formspring.me, pendaftarannya standar seperti social networking lainnya.

2. Pilih menu "setting" di pojok kanan atas:



3. Setelah masuk ke menu setting maka pilihlah "widget"





4. Nah disana atur deh suka-suka kamu mau ukuran form yang kecil, sedang, gede, warnanya merah, kuning, hijau, di langit yang biru..eh, salah pokoknya atur sesuka sahabat lalu copy kode yang disediakan.

5. Eit belum selesai, pada defaultnya kata-kata yang tertulis pada form adalah "Ask me anything", ini bisa diganti kok. Masih di menu setting tadi coba klik "Profile" lalu cari di bagian bawah dan ubah isi form "What do you want to ask?" dengan kata-kata yang sahabat mau ("Tanya Fisika ke saya", contohnya) lalu "Save".



6. Nah sekarang masuk ke Blogger dan sisipkan kode yang tadi sahabat dapat di sidebar blog lewat "HTML/Javascript"



7. Selesai

Dengan begini pengunjung blog bisa menanyai semua hal yang dia ingin tanyakan, oiya lookj hanya akan melayani pertanyaan yang relevan, jadi jangan aneh-aneh yach..hahaha..

1 komentar:

  1. kalo aku seh
    kupasang widgetnya di halaman blog dengan menu Q and A

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.