Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Minggu, 16 Oktober 2011

Kaskus akan berubah total, tidak lagi memakai vBulletin



Kabar baik datang dari forum komunitas terbesar di Indonesia, apa lagi kalau bukan KASKUS. Forum sejuta umat ini kabarnya akan melakukan perombakan besar-besaran dari segi engine. Namun banyak yang khawatir database user akan hilang dan semuanya memulai dari 0, walaupun akhirnya kekhawatiran itu ditepis sendiri oleh founder KASKUS, Andrew Darwis. Kekhawatiran banyak user yang tak rela semua hal direset di KASKUS dijawabnya melalui akun Twitter sang founder :


Selain di Twitter, Andrew juga sedikit menjelaskannya melalui sebuah post yang bisa dilihat di sini

KASKUS yang baru memang akan berubah total, maka dari itu sering disebut NewKASKUS. Kabarnya Tim KASKUS tidak lagi menggunakan engine vBulletin melainkan membuat engine sendiri karena vBulletin sendiri sudah tidak mampu mengatasi user yang sedemikian banyaknya. Dengan diciptakannya engine sendiri, mungkin KASKUS ingin membuat forum lain dari yang lain karena selama ini sudah tak terhitung forum peniru KASKUS akibat engine vBulletin terlalu umum dipakai untuk web forum.

Gue sendiri merasa KASKUS masih lemah dalam beberapa hal yaitu:

1. Search KASKUS yang masih belum user friendly. Entah mengapa KASKUS tidak memakai bantuan Google dalam urusan search, jika kembali mengandalkan search bawaan engine maka perubahan akan sia-sia. Bayangkan susahnya mencari barang dari halaman per halaman karena fasilitas search sama sekali tak membantu secara signifikan.

2. Pembayaran di FJB(Forum Jual Beli) belum terintegrasi layaknya toko online. Pelanggan setia FJB KASKUS seperti gue akan sangat berterima kasih jika sistem pembayaran sudah terintegrasi karena sangat memudahkan dalam bertransaksi terutama kebutuhan pembeli akan rasa aman dalam mengirim sejumlah uang kepada penjual.

3. User Interface posting yang masih kurang karena setiap menginsert gambar, video, spoiler, atau fungsi-fungsi lainnya maka mau tak mau kita harus menghafal tag wajib untuk dapat menampilkannya di Thread yang dibuat. Menurut gue ini juga perlu diperbaiki jika KASKUS ingin terlihat beda, misalnya dengan meniru User Interface Post Blogger atau Wordpress dimana user punya 2 pilihan yaitu mode HTML View dan Compose View.

4. KASKUS memang sebuah forum tetapi gue mengharapkan sisi sosialnya lebih diperbagus lagi seperti menambah fasilitas chat layaknya Facebook atau setidaknya chatroom sebagai sarana interaksi. Dan alangkah baiknya jika KASKUS memberikan fitur notifikasi Thread yang di-reply sehingga user bisa mengetahui apakah Threadnya ada yang mengomentari.

Semoga NewKASKUS bisa menjawab harapan-harapan gue, paling gak 1 dari 4 catatan di atas diwujudkan oleh tim KASKUS. Terakhir, gue ucapkan semoga evolusi KASKUS ini berhasil dengan baik.

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10968572

0 Responses to “Kaskus akan berubah total, tidak lagi memakai vBulletin”

Posting Komentar

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.