Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Selasa, 09 Februari 2010

Iklan melayang di Home tidak efektif.


"Mahal belum tentu efektif, memasang iklan berupa gambar flash yang melayang di depan website mungkin bertujuan agar pengunjung sebuah website mau mengklik iklan yang muncul dan karena itulah harganya mahal. Namun apa daya para user akhirnya mengklik satu tombol yaitu CLOSE"

Dunia maya selain menjadi gudangnya informasi juga dijadikan lahan mempromosikan barang, perusahaan, ataupun produk-produk lainnya. Tentu dengan tujuan saat user mencari informasi maka diselipkan beberapa iklan agar mau tidak mau dalam otak user terselip nama produk atau usaha yang diiklankan. Beberapa blogger lookj lihat juga mengamini pendapat ini karena banyak iklan berupa adsense yang siap menunggu diklik di blognya.

Tetapi tunggu dulu, sah-sah saja setiap webmaster menaruh iklan di web/blognya, namun tidak dengan cara seperti ini:


Mengapa?



Penelitian Poynter Institute

Sebuah penelitian dengan memasang eyetrack di mata menghasilkan sesuatu yang mungkin sangat tidak menyenangkan bagi para desainer yaitu:
- User biasanya melihat sebuah web dari kiri atas
- User pertama kali biasanya melihat sebuah teks
- Ini nih yang paling tidak disukai pengiklan, biasanya user tidak terlalu peduli terhadap suatu iklan dan kalaupun ia peduli maka akan lebih peduli ke iklan berbentuk teks.

Yup, lalu apa yang akan user lakukan setelah melihat iklan muncul menutupi teks yang ingin ia baca? menyingkirkannya.

Penelitian Nielsen Norman Group

Hampir sama dengan penelitian sebelumnya di atas bahwa seorang user akan melihat web dari kiri atas lalu membentuk huruf F dengan kata lain user akan scanning dari kiri atas lalu ke kanan, kembali ke kiri lalu ke bawah dan kembali menyamping kanan. Sama dengan sebelumnya, user tidak terlalu peduli dengan adanya gambar.

lalu apakah gambar memang benar-benar tidak dilihat oleh user?tidak, menurut lookj mungkin tetap dilihat walaupun memang teks yang akan selalu jadi fokus utamanya. Lookj hanya mengatakan mungkin memasang iklan yang melayang menutupi gambar sangat tidak baik, entah mengapa beberapa situs terkenal melakukannya, namun nasehat lookj ini untuk para blogger yaitu jangan mengeluarkan iklan ads melayang saat user mulai masuk ke blogmu sekalipun iklan berupa teks karena user 99% akan menutupnya untuk melihat informasi teks yang ia cari, bener gak?

11 komentar:

  1. Kalo hantu melayang efektif ngga?

    BalasHapus
  2. kalo iklan gambar melayang mungkin memang tidak efektif, lantas bagaimana dengan iklan text melayang?

    BalasHapus
  3. lah tak kirain ada cara ngebuatnya jat...

    BalasHapus
  4. hm..serba repot yah, mana yg lebih efektif masih perlu diteliti lagi

    BalasHapus
  5. Setuju ,betul semua pecandu bisnis online atau mencari secarik rupiah dengan media web atau blog banyak sih trik yang para blogger mesti gunakan tetapi saya setuju dengan uraian di ats tadi ..itu sangat menganggu para pembaca atau visitor yang sedang asik membaca artikel kita ..alangkah baiknya kita siasati dengan trik lain..
    salam blogger

    BalasHapus
  6. http://i45.tinypic.com/dxd2mw.jpg ooh begitu ya kalo gitu sy cb ubah deh ,kalo batu melayang gmn bos? hehehe benjol dong.....http://i50.tinypic.com/2n9032t.jpg

    BalasHapus
  7. @ focus-blogal.cc Punya trik lain ga untuk mensiasati masalah ini..?

    BalasHapus
  8. wah bgitu sulitnya cuma maw buat iklan saja,.,.

    BalasHapus
  9. COBA PAK BERKUJUNG KE SINI DAN LIHAT IKALAN YANG DI TAMPILKAN....USER HARUS BENAR2 MEGKLIK IKLANNYAN KL GAK GAKKAN BISA DI LIHAT COBA AJA PAK,,,,HTTP//YAFI20.BLOGSPOT.COM

    BalasHapus
  10. Hemm saia setubuh eh setuju nih ma TS..

    iklan gituan mang ga efektif n buat user jadi malas buka situs nya hihihihihihi

    BalasHapus
  11. Iklan melayang bertujuan meningkatkan pendapatan dari klik iklan. Namun kadang membuat pembaca terganggu. Lama-lama pengunjung yang hafal dengan situs pengguna iklan melayang jadi malas untuk buka situs tersebut.

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.