Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Jumat, 22 Oktober 2010

5 tips update status



"Tiada hari tanpa status, mungkin ini adalah trend internet saat ini dimana kamu tidak bisa tidak membuat status dalam sehari saja baik itu di facebook, twitter, koprol, dan berbagai situs social networking lainnya (berlaku juga kadang-kadang pada saya). Tidak ada yang melarang seseorang untuk membuat status apapun, bebas, siapapun bisa membuat status apapun dan kapanpun, namun lookj punya beberapa tips sebelum kamu membuat status tertentu:"

Secara umum, dalam membuat status di berbagai media sosial hendaknyalah kamu pikirkan masak-masak karena 1 status kadang membikin hidupmu berantakan, pernah dengar murid SMA yang di mejahijaukan gara-gara status di facebook? nah berikut tips yang boleh kamu ikuti dari lookj:

1. Jangan ngomongin orang
Baik itu mengumpat, melecehkan, menyebut-nyebut hal yang tidak baik, sangat tidak disarankan karena jika kamu membuat status jenis ini dan dilihat banyak orang maka kamu terkesan orang yang dengki, iri, busuk hati. Apalagi orang yang kamu omongin punya facebook atau malah mungkin temen dari orang yang kamu omongin ngelihat statusmu, maka akan jadi perang dunia antara kamu dan orang yang kamu omongin.Hal ini boleh kamu lakukan jika memang mau nambah musuh :)

Contoh status : apaan sih lo, lo kira cewe jelek kaya lo bisa nandingin gue jadi yang terpinter di kelas? ih jijay deh.

Saran : kalau mau ngomongin orang, utarakan yang bagus-bagusnya saja. Yang jelek bisa kamu simpan dalam hati atau mungkin langsung beritahu orang yang bersangkutan karena mempublish kemarahanmu ke orang sebenarnya tidak baik bagi dirimu :)

2. Jangan ngomongin tempatmu kerja or kuliah
Kritik boleh-boleh saja tetapi mesti sangat hati-hati. Lookj sering mengkritik TU kampus lookj tetapi tetap dalam norma walaupun agak menyindir, janganlah sekali-sekali secara gamblang menyebut tempat kerja or kuliah kita. Boleh saja asal dengan sopan tetapi jangan sekali-kali mengumpat dan menyebutkan apa yang kita umpat, berabe, bisa-bisa kamu masuk bui karena sebuah umpatan di internet.

Contoh status : bener - bener deh ni Sekolah Tinggi Ilmu Dukun, dosennya pada ga mahir-mahir, apalagi Dosen jurusan santetnya, sotoy banget.

Saran : Jika kamu gak tahan lagi , coba sembunyikan umpatan tersebut dalam kalimat yang lebih halus atau belajar bagaimana mengkritik tetapi tidak menjatuhkan(baca buku-buku Dale Carnegie)

3. No SARA
Ini sudah sangat lumrah dimana mana bahwa kamu gak boleh membawa nama-nama Suku,Agama, Ras, dan antar golongan. Jangan sekali-sekali terlalu meninggikan golonganmu atau merendahkan golongan lain. Status seperti ini paling cepet diserang orang-orang, coba saja tengok kasus evan brimob, masih ingat?

Contoh status : Masyarakat butuh polisi, polisi ga butuh masyarakat -by Evan Brimob-

Saran : Kita hidup dengan berbagai macam suku bangsa, agama, ras, dan tidak ada pekerjaan yang sama antara kita. Jadi sepatutnya membuat status yang ada hubungannya dengan SARA boleh-boleh aja asalkan emang pada tempatnya, misalnya umat non-muslim ngucapin lebaran di statusnya, nah kalo begitu sih boleh.

4. Kurangi mengeluh
Status yang isinya mengeluh melulu sangat mempengaruhi moodmu dan mood orang terdekatmu. Pernah dengar segala yang terjadi dalam 1 hari padamu sebenarnya diawali oleh mood, yap, hanya karena sebuah mood kamu bisa mendapatkan hari yang ceria atau bagaikan neraka. Ketika kamu memulai pagi hari dengan status negatif, maka rentetan status lain dengan tema negatif akan terus mengikuti di jam-jam berikutnya. Bagi orang lain, status negatif seperti metal(mellow total), keluhan-keluhan pribadi, dan berbagai macam status negatif lainnya menunjukkan bahwa kamu bukan orang yang ceria. Boleh percaya boleh tidak, orang yang bisa memancarkan energi positif pada dirinya akan selalu memancarkan aura cerah serta mempengaruhi orang-orang di sekitarnya, maka dari itulah sebenarnya orang-orang lebih suka status-status ceria dan positif.

Contoh status : Aku merasa sepi, hilang akal, pecahkan saja gelasnya (lho kok jadi puisi Dian Sastro ya?)

Saran : Mengeluh boleh cuma jangan keseringan karena seperti yang sudah saya bilang di awal : mengawali hari dengan badmood adalah suatu pilihan yang lebih buruk dari yang terburuk :)

5. No status waktu PDKT
Bingung? ini baru saya pelajari belakangan ini. Cew or Cow yang kamu dekati akan kehilangan rasa penasaran ketika kamu mengeluarkan isi hatimu di status. Kalau menurut lookj, PDKT harus sering-sering membuat pasanganmu penasaran. Jenis penasarannya berbagai macam mulai dari membuat dia penasaran apakah kamu mikirin dia, apakah kamu senang jalan bareng sama dia, apakah kamu senang jika ditelpon olehnya, ya kamu tahulah berbagai macam rasa penasaran lainnya. Bayangkan semua rasa penasaran pasangan PDKTmu ilang, ga akan seru lagi. Ibaratnya, jangan biarkan dia menghabiskan jus jeruk dalam seteguk tetapi biarkan sedikit demi sedikit lalu kamu tarik dalam beberapa waktu agar dia mulai haus lagi (wew dokter cinta banget)

Contoh : Aduh senangnya barusan jalan sama si dia, melayang rasanya (kadang ga seru langsung ketauan apa yang kamu rasakan)
Saran : Sebenernya ini juga tidak salah, khusus buat cowo, lookj sarankan jangan terlalu sering statusnya seperti ini. Salah-salah kamu malah dipandang rendah di mata cewe yang lagi kamu deketin, cobain deh kalo gak percaya. Cowo itu kan emang harus cool, ya gak??

Beberapa tips update status tadi boleh diikuti boleh nggak, yang pasti jangan sampe statusmu jadi harimaumu alias dari iseng jadi menyusahkan, ya kan??

5 komentar:

  1. wah....saya bingung malah kalau mau update status...mau ngapdate apa gitu....so...saya jarang update status...mendingan ngeblog aja...he.he..he...

    BalasHapus
  2. Lah aku sering update status yang melowwww gitu gemana
    bukan bermaksud mengumbar perasaan
    tapi biar ngetop puisi2 ku..halah..
    hehehe

    BalasHapus
  3. Bener juga Bro... Kadang status kita jd harimau kita...
    Sering juga tuh bolak balik putus nyambung gara2 status *curhat dikit ah, hehehe...*

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.