Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Jumat, 26 November 2010

Serunya ngeblog di layanan blog lokal..


"Belakangan lookj suka nulis di penyedia layanan blog lokal (walaupun CMS yang dipakai tetap dari luar, Wordpress) seperti blogdetik, dagdigdug, dan yang lagi senang-senangnya mantengin adalah Kompasiana. Ada satu alasan mengapa lookj suka ngeblog di layanan tersebut, mau tahu?? lookj juga akan mengupas ketiga penyedia layanan blog lokal tersebut"
Sebelumnya mohon maaf dulu sekarang sudah jarang ngeblog tetapi lookj tidak pernah mengatakan akan berhenti ngeblog, yah walaupun posting terparah mungkin 6 bulan sekali (untungnya kebiasaan mandi tidak mengikuti). Entah mengapa tetapi lookj sekarang malah lebih suka membaca ketimbang menulis.

Ok, lupakan hobi lookj yang suka baca sekarang. Pernah dengar dagdigdug, blogdetik, dan Kompasiana kan? yap, ketiganya adalah layanan blogger lokal yang memakai CMS Wordpress cuma masing-masing membuatnya menjadi brand yang berbeda. Ketiga situs tersebut sekarang lookj rajin kunjungi dan bahkan lookj juga sudah terdaftar di ketiganya walaupun perbendaharaan posting memang lebih banyak di blog ini. Memangnya apa keuntungan ngeblog disana? ehm, setelah lookj timbang-timbang dan timang-timang, keuntungannya yang paling penting adalah:

Ketiganya memiliki komunitas blogger yang kuat

Apa untungnya memiliki komunitas yang kuat? ini pendapat pribadi lookj sih, dengan ngeblog disana berarti kita masuk di dalam sebuah komunitas yang kuat dan lebih cepat mengenal satu sama lain. Maybe kawan-kawan punya pendapat berbeda namun lookj sangat merasakan perbedaan ngeblog "jalan sendiri" dibandingkan ngeblog masuk ke komunitas. Oke mari kita review ketiga layanan dari kacamata lookj:

Dagdigdug

Layanan blog hosting yang dibentuk semenjak 2007 ini mampu eksis sampai sekarang. Dalam situsnya, disebutkan 4 orang tim dagdigdug diantaranya Enda Nasution (keterlaluan kalau gak tau siapa ini), Didi Nugrahadi (salah satu pendiri detik.com), Antyo Rentjoko (biasa disebut Paman Tyo), dan Susie Rahayu. Tujuan dari situs ini tentunya menyebarkan semangat ngeblog dan memperkuat jalinan antara blogger yang satu dan lainnya. Kamu bisa ngeblog dengan dagdigdug semudah klik 1,2,dan 3 (begitu kata dagdigdug). Yup, memang kok semudah itu karena memakai engine wordpress bukan coding sendiri (yaiyalah, hahaha). Overall, tujuan dagdigdug memang sangat mulia, namun menurut lookj ,dagdigdug harus secepatnya menambah fitur lain agar layanan dagdigdug lebih "sosial" serta mengupdate lebih sering untuk beberapa postingan pilihan.



Blogdetik

Dari namanya tentu kamu tahu siapakah yang memiliki bloghosting ini, yap, salah satu raksasa media online di Indonesia yaitu detik.com. Sama dengan dagdigdug, blogdetik juga mengajakmu berinteraksi dalam komunitas detik. Posting di blogdetik hampir sama caranya dengan ngeblog di dagdigdug karena ya memang keduanya memakai Wordpress. Tetapi ada satu cara unik yang dipakai jajaran detik untuk menarik usernya yaitu mengajak serta artis dalam setiap produknya. Untuk blogdetik, ada yang namanya blogstar alias yang ngeblog adalah seorang Star. Baru-baru ini si kambingjantan turut menjadi blogstar di blogdetik (lalu diikuti bulengehe yang sebelumnya ngeblog di blogger.com). Sebelumnya sudah banyak selebriti yang ngeblog di blogdetik, namun terus terang baru semenjak raditya dika ngeblog di blogdetik, lookj rajin buka blogdetik karena radit sekarang lebih memilih ngeblog di blogdetik ketimbang blog pribadinya (ehm, karena kontrak kali ya).



Dengan tampilan yang ngejreng seperti induknya(detik.com) dan "menjual" selebriti yang ngeblog, blogdetik semakin eksis di belantara bloghosting. Selain blogstar, blogdetik rajin mengadakan workshop blogging di berbagai kota, tertarik ngeblog rasa detik??



Kompasiana

Sekarang lookj sedang menjajaki Kompasiana sebagai rumah kedua lookj dalam ngeblog. Mengapa? Kompasiana adalah gudangnya para awak media yang ngeblog, profesinya bermacam-macam namun kesukaannya satu yaitu "ngeblog". Ga salah tulisan di Kompasiana sangat dijaga karena Kompasiana juga milik media yang terpercaya Indonesia, KOMPAS. Tulisan di Kompasiana banyak yang berbobot karena memang ditulis orang yang sudah terbiasa menulis di media maupun buku. Namun tak jarang juga profesional yang baru belajar ngeblog di Kompasiana. Ikatan antar penulis blog sangat tinggi dikarenakan adanya fitur add friend. Oh iya, dashboard Wordpress sudah diubah sedemikian rupa agar lebih "Kompasiana" ketimbang Wordpress, sangat berbeda dengan dagdigdug dan detik yang masih mengandalkan tampilan Wordpressnya.




Lalu mengapa lookj menjajaki untuk "nyoba" di Kompasiana. Belajar menulis berbobot, itu salah satu alasannya. Kamu bisa berguru dengan membaca berbagai kategori tulisan disini yang biasanya adalah ulasan tentang peristiwa aktual di Negeri ini maupun di Dunia. Kalau mau belajar menulis maka Kompasiana adalah media yang sangat tepat menjadi penuntunmu.



Ngeblog di ketiga tempat tersebut cenderung tidak untuk megejar "pagerank", lomba SEO, atau apalah itu yang memberi profit untuk bloggernya. Semua hanya ingin ngeblog karena senang dan hobi ya walaupun memang ada beberapa macam hal diposting untuk mendapatkan keuntungan (kompetisi menulis blog di masing-masing penyedia layanan misalnya). tetapi bukankah ngeblog memang awalnya dari kesenangan menulis juga? ya kan?


Mau liat lookj disono? cek http://futurejkool.blogdetik.com, http://lookj.dagdigdug.com, dan http://www.kompasiana.com/jkool. Btw, ada yang mau menambahkan blog hosting lokal lainnya? share saja disini.

7 komentar:

  1. thanks....
    pemula mas... lagi belajar
    lewat "buku sakti nge-blog"

    masih perlu bimbingan... xixixixi
    maklum baru 2 minggu

    BalasHapus
  2. thanks...
    jangan lupa kunjungi
    flanel art di
    http://kreasitifosi.blogspot.com

    BalasHapus
  3. boleh si.. tapi udah nempel sama blogger...
    visit back www.7-labs.co.cc (Tito creativity | Software download | Crack & keygen):gotkp

    BalasHapus
  4. dagdigdugcom is dead? Paling susah di Kompasiana, mesti kaya' jurnalis.

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.