Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Kamis, 02 Juni 2011

Sssssttt...ini Rahasia Google Adsense lho


Halo Blogger, kemanakah anda hari ini? mungkin banyak yang mengisinya bertamasya bersama keluarga atau mungkin ada yang duduk manis di depan komputer untuk bersocial media atau sekedar membaca berita di internet. Tetapi tenang saja bagi anda yang tidak kemana-mana karena sangat beruntung bisa membaca sebuah rahasia yang saya beberkan pada hari libur yang indah ini. Rahasia apa itu?Sssttt..Rahasia Google Adsense, yaitu sebuah program periklanan Google dimana anda bisa menjadi bagian dari penampil iklan (publisher) dan akan dibayar ketika pengunjung mengklik iklan yang ada di dalam web/blog anda.





Anda mungkin sudah tidak sabar dengan rahasinya, ssst…pelan-pelan saja ya bacanya, sebenarnya Rahasia Google Adsense itu adalah…

TIDAK ADA RAHASIA!!

Jangan nimpuk saya dulu, Google Adsense memang tidak ada rahasianya. Seperti itulah yang saya dengar langsung dari 2 pemain Google Adsense yang sudah menerima 2-3 juta per bulannya dari Google Adsense. Keduanya berasal dari Bali, laki-laki dan wanita (tepatnya remaja usia 17an). Saya sendiri baru bermain 1-3 bulan dan harus mengejar 10$ guna mendapatkan PIN Google agar nantinya saat sudah terkumpul 100$ maka bisa dikirim ke alamat kita lewat Western Union. Saya sudah berbincang-bincang dengan keduanya tentang apa saja hal yang krusial di Google Adsense, berikut saya rangkumkan catatan-catatan kecil saya hasil perbincangan dengan mereka:

1. Untuk bermain Google Adsense harus punya web/blog, ya pastilah karena mau pasang iklan dimana kalau tidak ada web/blog?

2. Web/blog berbahasa Inggris karena Google hanya menerima konten berbahasa Inggris. Untuk hal ini saya masih bingung karena beberapa situs lokal terkenal yang berbahasa Indonesia memasang Google Adsense. Mungkin karena trafficnya yang sangat tinggi maka Google mengizinkan memasangnya.

3. Minimal 10 artikel berbahasa Inggris jika ingin diterima menjadi Publisher Adsense.

4. Karena semakin hebatnya algoritma Google, maka disarankan 10 artikel itu tidak sekedar copy paste. Sebenarnya jika anda sadar maka ini tidaklah begitu sulit karena sekarang sudah ada Google Translate. Tinggal cari artikel berbahasa Indonesia, ubah-ubah dikit,translate ke Bahasa Inggris dan jadi deh artikel bahasa Inggris.

5. Topik blog harus semakin spesifik, kalo istilahnya “niche” web/blog harus semakin mengarah ke 1 hal saja. Misalnya jika tentang Handphone maka tentukan apa merk yang akan selalu dibahas.

6. Buat puluhan bahkan ratusan blog yang link pada artikelnya mengarah ke web/blog adsense utama. Cara ini sekarang tidak bisa terlalu diandalkan dan butuh sedikit intrik. Jangan membuat puluhan link yang mengarah ke web/blog utama kita dalam sehari karena tentu saja akan ketahuan Google akibat gerak-gerik yang mencurigakan, ingat! buatlah senatural mungkin.

7. Masukkan artikel di web/blog pada socialbookmark yang berpagerank (rating Google tinggi) plus juga Social Bookmark tersebut Do Follow artinya jika submit ke Social Bookmark Do Follow maka artikel anda akan muncul juga di mesin pencari. Istilah kasarnya numpang terkenal.

8. Selalu update blog secara rutin.

9. Harus sabar dan jangan menyerah karena tidak ada sesuatu yang instan. Sebuah pembodohan massal jika ada yang mengatakan mencari uang di dunia maya itu semudah membalik telapak tangan. Kenyataannya tidak ada yang diperoleh secara instan. Begitu pula dengan Google Adsense dimana anda harus selalu tekun dan konsisten mengerjakan hal yang saya sudah cantumkan di atas.

10. Jika sudah dilakukan semuanya, berdoalah Tuyul Dunia Maya anda bekerja.





Saya bukan orang yang sudah berhasil bermain di Adsense, saya masih junior dan benar-benar baru bergelut walaupun sudah mengetahuinya beberapa tahun lalu. Namun tips-tips di atas saya dapatkan dari orang yang memang sudah bergelut cukup lama di dunia Adsense. Selamat mencoba!

NB : Ditampilkan juga di Kompasiana

20 komentar:

  1. wowow........ Kkak sedang nongkrong di Blog ny???

    BalasHapus
  2. hiks hiks hiks,blog sya dridlu mpe skarang google pageranknya nol mlulu.

    BalasHapus
  3. Memang susah2 gampang gan. :)
    Mantap artikelnya, thanks

    BalasHapus
  4. Mohon bantuannya ne Gan, udah lebih dari 1 bulan ini adsense sy tidak bisa muncul di blog, tp akun adsense masih tetap bisa di buka.
    di akun keterangannya saya harus verifikasi PIN maupun nomor telpon dan udah saya lakukan. di suruh tunggu 3 minggu tp sampe skr blm juga nyampai PINnya/

    Pertanyaan sy apakah iklan memang tdk akan muncul jika memang blm verifikasi PIN?

    Solusinya untuk masalah sy gimana ya Mas? minimal sy bisa memunculkan kembali iklan adsense...

    Terima kasih..

    BalasHapus
  5. adsense-adsense nama yang sering di baca tp belum dilakuin, coba ah. thank mas jati

    BalasHapus
  6. dasar title sang penipu!! :D
    tapi 10 point itu sepertinya secretnya :D

    BalasHapus
  7. belum pernah coba sich..tapi sering dengar ..aq follow ya mas

    BalasHapus
  8. yuuk kita coba,thnx mas jati..

    BalasHapus
  9. GA seperti sebuah pedang bermata dua... harus sangat berhati-hati sekali saat memainkannya.. :)

    BalasHapus
  10. @all : aduh lupa bales komen2nya..btw saya udah dikirimi PIN Adsense lho, tetaplah berjuang sodara2..

    BalasHapus
  11. wihh......gue suka banget tuh ama point ke-10....
    wkwkwkwkwkwk...

    BalasHapus
  12. wah bro.. thanks utk infonya. tapi kira2 blog di wordpress bs ikutan google addsense ga ya???

    BalasHapus
  13. @filatelis : bisa tapi wordpress yang pake hostingan sendiri ya..wordpress berupa CMS

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. maaf sy memang blum tau. siap mazz mksh

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.