Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Jumat, 18 Oktober 2013

Samar-samar, BBM For Android Muncul Dalam Waktu Dekat?


Beberapa hari belakangan ada hal menarik yang terjadi, walaupun sebenarnya bukan inti dari tulisan kali ini. Para pengguna BB seolah mengejek pengguna Android yang menunggu-nunggu BBM, jangan saja sampai terjadi gontok-gontokan antara pengguna gadget karena semua OS punya penggemarnya masing-masing.

Masih ingat 19 September lalu ketika Blackberry Launching dengan mengundang para wartawan dan pentolan-pentolan teknologi di Indonesia? Ya, Blackberry dengan sangat pede mengatakan bahwa BBM for Android dan iOS akan diluncurkan masing-masing 21 dan 22 September. Ini sebuah launching resmi dan disaksikan plus diberitakan ke seluruh penjuru dunia. Tagline yang diusungnya yaitu BBM for Everyone yang berarti BBM sudah siap untuk dilaunching pada tanggal yang dimaksud.


Dan apa yang terjadi? Awalnya Blackberry berjanji bahwa BBM for Android akan diluncurkan tepat jam 18:00 WIB tanggal 21 September. Tetapi konyolnya sampai sekarang aplikasi BBM resmi tak sekalipun tampak di Playstore. Malah BBM for iOS muncul duluan di iTunes Store (padahal harusnya 6 jam lebih lambat). Usut demi usut, melalui blog resminya Blackberry berdalih bahwa penyebab gangguan teknis yang berakibat lambatnya peluncuran BBM for Android adalah gara-gara banyaknya yang memakai aplikasi BBM tak resmi (berupa APK) yang memang pada waktu itu banyak yang berhasil menembus pendaftaran dengan memakai PIN.

1,1 juta user baru adalah angka fantastis, bayangkan saja karena Whatsapp mengklaim penggunanya mencapai 200juta. Ini berarti pengguna BBM meningkat begitu luar biasa hanya dalam semalam, what a big win! Sayangnya hal ini tidak berlanjur dengan diterimanya 1,1 juta user tersebut karena PIN yang terdaftar dari aplikasi tak resmi diblokir akibat alasan server yang tidak kuat.

Setelahnya, BBM for Android tak kunjung muncul bahkan BBM for iOS yang duluan nongol di iTunes Store malah ditarik kembali dengan alasan yang sama, akibat ketidakstabilan sistem. Account Twitter BBM sampai saat ini tidak mentweet berita-berita terbaru kecuali janji-janji lama yang berisikan Blackberry akan terus berupaya menghadirkan BBM for Android secepat mungkin.

Lalu Bagaimanakah Nasib BBM di Android?

Sempat beredar kabar bahwa BBM Multiplatform tidak akan dilanjutkan akibat pemilik Blackberry yang baru tidak mengkehendaki aplikasi ini dibuka untuk operating system lain. Blackberry sendiri keukeuh bahwa mereka masih menyelesaikan kendala teknis yang terjadi agar BBM For Android bisa keluar secepatnya dan dinikmati para pengguna Android.

Kabar tersebut bukan isapan jempol, BBM for Android akhirnya kembali ke tahap beta. Kamu bisa lihat sendiri beritanya di situs crackberry. Kalau dalam siklus pembuatan sebuah sistem, maka kembali ke tahap beta merupakan kemunduran karena bisa berarti memulai dari 0 kembali. Dan kalau ditebak-tebak, paling cepat BBM for Android dan iOS akan diluncurkan dalam hitungan bulan (lagi).

Tetapi harapan muncul lagi ketika CMO Blackberry,Frank Boulben, mengatakan kepada Reuters bahwa kemunculan Blackberry di PlayStore hanya dalam hitungan hari. Tetapi kita tidak bisa memegang apa yang ia katakan karena dulu saja Blackberry melaunching besar-besaran dengan mengeluarkan tanggal pasti tetapi hasilnya? apalagi dengan klu "dalam waktu dekat" sepertinya kemunculan BBM semakin gelap.


Jika gue prediksi dengan itung-itungan logika, sebenarnya agak susah menebak kapan Blackberry akan meluncurkan BBM karena kali ini benar-benar gelap tidak seperti kasus-kasus kemarin. Tetapi jika saja Blackberry tidak meluncurkannya di bulan ini, maka sepertinya tidak akan gampang mengejar ketertinggalannya dengan platform chat lain. Jadi, siap bersaing atau tidak Blackberry?

0 Responses to “Samar-samar, BBM For Android Muncul Dalam Waktu Dekat?”

Poskan Komentar

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.