Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Minggu, 18 September 2011

Fitur List di Facebook, patah sudah Circle Google+


Tahukah teman-teman jika Facebook sudah memiliki fitur serupa dengan circle baru-baru ini? memang sebelumnya sudah ada fitur pengelompokan teman di Facebook dan pembatasan siapa saja yang bisa melihat sebuah status kita. Cuma cara Facebook malah di overlapping oleh Google dengan fitur Circlenya yang cantik dan membuat Facebook kalang kabut. Walaupun dengan fungsi yang sama, Google pintar mengemasnya dengan lebih baik. Google+ sempat digadang-gadang menjadi pengganti Facebook karena fitur-fiturnya yang serupa tapi tak sama dengan Facebook, bedanya Google+ menang "simple" ketimbang Facebook.

Balik ke topik awal, Facebook ternyata sudah memiliki fitur yang sama persis dengan Circle di Google+, tepatnya fitur lama tetapi dimaksimalkan agar serupa dengan Circle G+. Ini gue sadari ketika akan menambah teman di Facebook tetapi ditanyai sesudah mengirim friend request tentang di list manakah teman yang ditambahkan tersebut. Tentu ini setali tiga uang dengan Circle. Belum lagi di sidebar Facebook telah ditambahkan daftar List yang berguna untuk melihat status-status berdasarkan List yang dimaksud. Lihat gambar-gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya:





Dari 2 gambar di atas sudah menunjukkan bagaimana Facebook tidak akan mau disalip oleh pesaing lainnya dalam artian masih aman di dunia kompetisi social network. Memang ada perbedaan secara konsep penambahan teman di Google+ karena lebih mirip follower dan user ketimbang facebook yang hanya bisa 2 arah ketika request teman sudah diterima. Google+ digadang menjadi pesaing berat Facebook tetapi Google malah membiarkan perkembangan yang lambat di Google+ sehingga Facebook punya banyak waktu mengintip celah keunggulan Google+

2 komentar:

  1. saya juga baru tahu. memang kalau dipikir2 dominasi FB sbgai jejaring sosial raksasa, tdk mungkin bgitu saja dpt mudah disingkirkan oleh G+. dan kalau menurut saya sendiri, G+ masih belum mempunyai magnet tersendiri yg lebih kuat dari magnet nya FB. alias belum keliatan greget yg mencolok.

    BalasHapus
  2. @rausan : benar..semua masih betah di FB, susah berpaling ke G+

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.