Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Rabu, 25 Januari 2012

Mari mengenal Paypal..


Dalam beberapa bulan ini ada banyak teman yang menanyakan ke gue tentang Paypal. Mulai dari nanya kegunaannya, keamanannya, cara buatnya, sampe dengan kemungkinan untuk minjem buat bayar sesuatu. Oke, seperti biasa gue akan menjelaskannya dengan cara tanya jawab.





Apa itu Paypal?

Paypal bisa disebut Bank Dunia Maya, tentunya resmi dan sudah mendunia. Disini kamu bisa menyimpan uang berupa dolar tetapi yang disimpan tidak berupa fisik melainkan maya alias hanya pencatatannya saja.

Gimana daftarnya?

Gampang, tinggal masuk ke www.paypal.com terus register deh. Cuma ketika baru mendaftar maka user terdaftar sebagai Non-Verified Account alias belum terverifikasi. Dengan begitu kamu tidak bisa melakukan transaksi kecuali menerima uang dan liat saldo.

Lha, terus gimana memverifikasinya?

Dulu banget (jaman kuliah), Paypal bisa diverifikasi lewat debit card alias kartu ATM juga bisa. Tetapi belakangan ini lebih baik diverifikasi lewat kartu kredit. Ini disebabkan orang Indonesia banyak main kotor dengan Paypal jadi banyak account yang diverifikasi dengan debit card dilimit atau dihapus (seperti account gue).

Emang kalo verifikasi bisa apa?

Bisa transfer ke account paypal lain, bisa bayar belanja online yang nerima paypal, bisa nuker duitnya ke Bank beneran. Cuma kalau mau transfer ke bank beneran mendingan kalau udah di atas 1,5 juta karena potongannya kalau gak salah sekitar 15ribu aja, di bawah itu potongannya besar.

Lha, susah donk nukar kalo di paypalnya cuma ada 10$, kan mayan tuh..

Bisa tapi gak lewat Bank. Cari jasa penukaran paypal, mereka biasanya service jasa jual beli paypal sama seperti money changer tetapi dengan rate mereka, bukan rate Bank. Nanti uangnya akan ditransfer ke Bank yang diinginkan, seperti gue masa kuliah dulu tukar 5$ setiap akhir bulan agar bertahan hidup, wkwkwkwk..

Cara ngisi Paypalnya gimana?

Ya tergantung, ngisi dengan beli dolar di jasa penukaran dolar paypal bisa, dari honor dunia maya juga bisa misalnya dapet duit dari bisnis online yang memang memakai paypal untuk pembayarannya. Dan ini sedikit tips, nyari dolaran di dunia maya itu gak segampang balikin telapak tangan tapi juga gak sesusah bikin Kapal Terbang. Jangan harap ada situs yang ngasi 500$ tiba-tiba hanya dengan ongkang-ongkang kaki, gak ada itu! kalo ada mah gue udah kaya duluan :D . Jadi kalo join sesuatu coba cek di Term of Service nya apakah dia akan membayar dengan paypal, western union, atau cek. Jika bukan ketiganya mending gausah ikutan karena pasti HOAX, kecuali pakai layanan lain yang terpercaya, ex : Liberty Reserve.

Terus kalo minjem account paypal orang lain boleh gak?

Gak boleh! ini soalnya kejadian sama gue sendiri. Temen gue di Bali meminjam Paypal gue ketika gue di NTT. Celakanya gue membukanya bergantian dan Paypal mengenali 2 IP daerah yang berbeda. Account Paypal gue awalnya dilimit dan diberi kesempatan memulihkan sampai 3 kali. Akhirnya setelah 3 kali, Account gue ditutup deh T_T;

Ga punya Credit Card jadi gimana donk?

Bisa! ada yang namanya Virtual Credit Card alias VCC. Gue sudah lama mengenal jasa ini tetapi baru memakainya kemarin untuk membuat account baru. Cari jasa penyedia VCC yang terpercaya, biasanya hanya membayar 85ribu aja kok. Nanti dibimbing mereka untuk memverifikasi Paypalnya dengan kartu kredit virtual. Kurang dari seminggu maka akun Paypalmu sudah terverifikasi. Setelah verified, jangan melakukan transaksi dulu dalam waktu seminggu agar tidak menimbulkan kecurigaan, apalagi dalam jumlah dolar yang besar.

Terakhir, nanti gue kasi link-link yang berguna untuk Paypal, sekarang lagi di kantor soale bukmarknya di laptop sendiri.

FYI : Untuk Indonesia juga sudah punya Paypal lokal yaitu Kaspay(terdengar familiar dengan "Kas" nya?). Ini milik Kaskus dan gue sudah pakai bahkan sering beli pulsa lewat sini soalnya muyah-muyah :p . Alamatnya di www.kaspay.com

Semoga Membantu..

4 komentar:

  1. Pengin punya Paypal,cuma umur belom mencukupi :(
    Mesti nunggu 3 tahun lagi

    BalasHapus
  2. Bisa kok gan verifikasi pake bank local,,,

    ane aja bulan kemaren verifikasi pake bank local,,,

    nice info,,,

    BalasHapus
  3. gan saya baru nih pengen belajar nyari duit di dunia maya (telat banget ya) ane ngisi akun paypal ngasal ngaruhnya apa ya gan mohon pencerahan neh dari para suhu

    BalasHapus
  4. akun paypal saya minta sandi baru trus ki kenapa yaw?

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.