Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Sabtu, 09 Februari 2013

Mampukah BB10 mengancam Android?



1 hal yang gue pikirkan jika mendengar kata blackberry adalah "device kuno dengan menjual BBM dimana RAM-nya gak sampe 1GB plus miskin internal storage". Maaf jika kamu pengguna BB, tetapi gue gak habis pikir dengan BB yang miskin inovasi sementara pesaing lainnya seperti Android, iOS, dan Windows8 sudah berlari melewati teknologi BB.

Namun dengan peluncuran BB10 kemarin, gue mulai melirik Blackberry dan yakin kali ini Blackberry memang mengancam OS lain. Ada 6 alasan mengapa gue yakin Blackberry punya peluang untuk mengancam.


#1 Aplikasi yang sudah banyak.

Blackberry (dulunya RIM) sangat serius mempersiapkan aplikasi BB10 untuk user. Ini dibuktikan sudah masuknya aplikasi-aplikasi populer seperti whatsapp, skype, LINE, dan berbagai aplikasi lainnya yang sudah terlebih dahulu populer di OS lain. Bahkan Blackberry mengklaim sudah tersedia 70000 aplikasi di Store-nya. Selain aplikasi,walau terkesan telat, layanan musik dan video tentunya akan bersaing bebas dengan iTunes besutan Apple.

#2 Hilangnya BIS

Salah satu faktor gue kurang menyukai BB adalah BIS alias Blackberry Internet Service. Hal yang boros jika kamu sampai mengeluarkan lebih dari Rp.60000 hanya untuk sosial media. Padahal di Android, kamu bisa menikmati full service. Blackberry sadar betul kelemahan ini dan memutuskan tidak lagi memakai BIS di BB10. Yang berarti, Blackberry benar-benar bersaing bebas terutama dengan Android dan Windows8 dalam hal data mobile.

#3 Berubahnya User Interface dan style BB

Ada 2 smartphone BB yang dikeluarkan oleh Blackberry yaitu Z10 dan Q10. Keduanya termasuk revolusioner dalam segi bentuk, walau gue kurang menyukai bentuk Z10 karena lekukannya terkesan monoton ketimbang iPhone dan Galaxy series. Setidaknya Blackberry sudah mulai concern dengan bentuk touchscreen karena seri-seri touchscreen sebelumnya terbilang nanggung.

#4 Programming aplikasi yang mudah

Blackberry mengklaim bahwa memprogram aplikasi BB10 akan jauh lebih mudah ketimbang OS lainnya. Entah ini hanya klaim atau kenyataan, patut ditunggu perkembangan aplikasi BB10 apakah akan menyalip Windows8 atau malah lagi-lagi mentok di fitur unggulan BBM.

#5 BBM yang diperbaharui

Konon BBM di BB10 memiliki user interface yang baru, video call, dan voice call. Sayang untuk voice call hanya bisa dilakukan via jaringan Wifi. Tetapi perkembangan BB10 pasti terus dilakukan.

#6 Adanya BB10 harga menengah.

Blackberry setidaknya sudah mengatakan bahwa tidak hanya menelurkan Z10 dan Q10. Samsung menjadi penguasa pasar Smartphone oleh karena berbagai harga yang ditawarkan untuk segala lapisan pendapatan masyarakat. Sedangkan iPhone begitu digemari karena kesan mewah dan eksklusifnya. Entah BB10 akan mengambil jalan yang mana, tetapi device dengan harga yang jauh lebih murah dari Z10 dan Q10 harus disiapkan.

Well, kita tunggu saja janji blackberry. Siapapun tidak akan mau menghabiskan uang untuk membeli "alat BBM" dengan harga jutaan. Sudah saatnya Blackberry berbenah dan mencoba menasbihkan diri setidaknya menjadi yang nomor 3.

5 komentar:

  1. hai, nama saya wulan di Bekasi, ibu rumah tangga dengan 3 anak, saya juga berwira usaha www.restosaungwulan.com (web ini hasil bikin sendiri berbekal buku sakti nya mas lookj, and i'm very proud of it) saya sebetulnya agak gaptek, mau dibeliin android sama suami aku tolak, eh sekarang rada nyeselll...aku pikir BB udah yg paling hebat...ternyataaaaa...mas lookj, klo ke jakarta mampir ke tempat saya ya, makan sepuasnya GRATISS...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..boleh-boleh, senang berkenalan dengan bu wulan..tampaknya usahanya lancar banget nih, nanti deh kalo saya main ke Jakarta mampir ke saungnya..

      Hapus
  2. ancaman tidak akan berarti bila harganya setinggi langit ya, tapi baguslah bila BB10 akan dirilis dengan harga yang terjangkau dan ekonomis di kantong kita..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi BB10 murah tidak dalam waktu dekat :D

      Hapus
  3. Waduh jadi galau mau beli BB ato Android..

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.