Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Kamis, 04 April 2013

5 Aplikasi Android Favorit Lookj


Semakin lama punya Android, aplikasi keluar masuk tanpa gue ingat apa saja yang pernah diinstall dan apa saja yang pernah diuninstall saking banyaknya. Tetapi dari sekian banyak aplikasi, ada beberapa yang favorit dan gak pernah diuninstall karena fungsinya yang memang sesuai dengan kebutuhan gue. Mungkin kamu juga punya kebutuhan yang sama, mari kita simak aplikasi apa saja yang gue suka :

1. Whatsapp

Diantara sekian platform chatting, gue cuma suka Whatsapp. User Interface yang sudah diperbaiki menjadi semakin modern membuat gue betah di Whatsapp ketimbang platform lain seperti KakaoTalk, WeChat, dan LINE. Hanya 1 saja kekurangan Whatsapp yaitu hanya gratis selama setahun. Bagi gue, hal ini sudah tertangani karena bisa bayar pake kartu kredit. Namun bagi pengguna tanpa kartu kredit, pemotongan pulsa sepertinya belum menjadi opsi.

Whatsapp memang lebih simpel ketimbang platform lain, tetapi kesimpelannya ini yang menjadi nilai lebih ketimbang pemain lain yang sering mengandalkan smiley-smiley unik. Sistem pencarian temannya sangat sederhana, WA (Whatsapp) mengambil contact dari smartphone. Jauh lebih simpel ketimbang pesaing lain yang kadang nomor kontak saja tidak cukup.



2. Dropbox

Belakangan ini gue suka diminta foto-foto momen penting dan seringnya dadakan. Gue jarang bawa kamera tiap hari, tetapi gue selalu bawa Tablet. Nah, Dropbox sangat membantu dalam hal ini karena gue menginstallnya di Tablet dan mengupload setiap foto jika ada jaringan wifi. Kebetulan di kantor dipasang wifi yang lumayan cepat, maka sekali jepret setiap foto yang diambil masuk ke folder camera upload.

Tetapi hati-hati, jangan mengambil gambar yang aneh-aneh deh karena takutnya gak sempet hapus dan orang lain melihatnya di folder Dropbox komputer, gaswat.



3. Google Calendar

Kalender? cuma untuk lihat tanggalan doang? gak juga kok. Gue diharuskan untuk membuat catatan pekerjaan setiap harinya sebagai bukti bahwa gue gak makan gaji buta. Google Calendar sangat membantu dalam hal ini karena setiap harinya gue mencatatnya disini. Selain untuk mencatat kegiatan, Google Calendar juga bisa dibuat sebagai pengingat atau pengganti timeline schedule. Gak pernah make untuk bikin schedule dan catatan harian? dipake apa aja tuh Smartphone? :p



4. Opera Mini Web Browser

Gue mencoba banyak browser dan ujung-ujungnya akan memakai Opera Mini. Why? Because Opera Mini itu gak ngabisin kuota dan jauh lebih cepet ketimbang browser lain. Opera Mini memiliki banyak keterbatasan tapi kalo yang kamu pentingin hanya konten saja, maka kamu sangat cocok memakai Opera Mini.



5. Google Translate

Satu-satunya kamus yang paling sering gue buka adalah Google Translate. Apalagi sekarang sudah mendukung "Offline Mode" yang berarti tidak perlu tersambung Internet untuk melakukan penerjemahan (tentunya download file offline nya dulu). Google Translate lengkap dengan bookmark translate dan pelafalan hasil traslate, canggih kan?



Apakah kamu punya aplikasi favorit tetapi gak masuk di list ini? gak apa-apa, ini kan cuma pendapat gue doang, Tetapi 5 aplikasi tadi sangat layak kamu install di Android. Sebenarnya ada beberapa aplikasi yang juga gue sering buka, hanya aplikasi tersebut memang bawaan Tablet jadi tidak gue ikut sertakan.

1 komentar:

  1. jadi referensi buat saya bang kalau nanti ada rejeki punya android sekarang belum punya jadi diingat-ingat saja, whatsapp, dropbox, google translate, kalendar dan opera mini ya oke deh

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.