Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Minggu, 23 November 2008

Mempercepat kinerja blog


Pernahkah anda membuka suatu blog namun anda akhirnya memutuskan tidak jadi membukanya karena begitu lamanya blog itu dibuka? pernah? saya harap bukan membuka blog saya, hehehe. Hal itu dikarenakan banyaknya widget yang harus diloading oleh blog maka dari itu tak jarang banyak blog yang ngebukanya lebih lelet dari jalannya siput ( yang satu ini lebai ). Mari kita cari tahu bagaimana caranya mengetahui kecepatan blog kita atau orang lain dan bagaimana menata agar blog anda tidak overweight.Sebelum saya memberitahukan optimasi blog anda, ada baiknya kita mengetahui kecepatan loading blog anda, caranya:

1. Ketik REG spasi WETON eh salah...ketuleran tivi, maaf..maaf, ketik http://www.selfseo.com/website_speed_test.php

2. Setelah itu masukkan alamat blog anda ke dalam box yang tersedia, kira-kira seperti ini:
Image Hosted by ImageShack.us
terlihat ada box, disanalah anda memasukkan alamat blog anda.

3. Setelah anda memasukkan nama blog anda, klik check, lalu tunggu sesaat.

4. Beberapa saat kemudian akan muncul tabel di bawah box yang menginformasikan kecepatan blog anda..lihat gambar:
Image Hosted by ImageShack.us
Idealnya sih agar blog anda cepat dibuka sizenya paling tidak 100kb atau di bawah 100kb. Tetapi saya mencoba blog saya ternyata bobotnya di atas itu (huhuhu...). Nah, untuk mengurangi ukuran itu, saya punya tips yang berguna sesuai pengalaman dan ajaran sang master-master blog. Ini beberapa cara mengurangi ukuran blog anda:

1. Hindari memasang mp3 di blog, walaupun anda ingin memberikan hiburan bagi para pengunjung blog, tetapi jika memasang mp3 di blog akan memakan waktu yang lama untuk meloadingnya..dan jujur saja, kesannya kurang sreg jika anda memakai mp3 di blog anda, kecuali mungkin blog diary. Coba saja ketika blog bisnis anda dibuka pembaca dan mengalun lagu Yolandanya Kangen Band..jadi hilang selera bisnisnya ( bukan karena denger lagunya, tetapi blog anda terkesan kurang serius)

2. Selain mp3, jangan juga memasang video di blog. Walaupun fasilitas ini tersedia, sepertinya kurang baik memasang video di blog. Apalagi koneksi di Indonesia rata-rata belum secepat di luar Negeri. Bayangkan jika anda ingin memberitahukan sesuatu ke pengunjung lewat Video, misalnya si Agnes Monica jatuh dari tangga, sepertinya pengunjung blog anda akan bosan karena melihat gambar statis yang lama geraknya sampe mereka bertanya" ni kapan jatuhnya si Agnes?"hehehe.

3.Jangan memasang widget yang berlebihan, pikirkan secara baik-baik widget apa yang akan nongkrong di blog anda. Jangan memasang 2 widget dengan fungsi yang sama karena itu akan menambah bobot blog kita. Dan renungkan juga, perlukah anda memasang jam dan kalender di blog anda? seperti yang saya kutip dari cosaaranda, pengunjung blog datang bukan untuk melihat jam dan kalender, kasarnya mereka tidak mungkin lupa waktu pada saat ngeblog. Jadi pemasangan widget tersebut dirasa kurang tepat.

4. Bisnis boleh tetapi iklan yang memenuhi blog selain membuat pengunjung enggan, juga menambah bobot blog anda. Jadi pasanglah iklan seperlunya saja.

5. Yang terakhir adalah mengedit dengan CSS, nah kalau yang ini ada cara tertentu untuk bisa mengcompress blog anda, saya lagi buatin caranya juga nih...agar anda gak bingung kalau mau misalnya mengcompress blog anda, karena jujur saya belum nyoba.

OK segitu aja dulu tipsnya yang mungkin berguna mungkin juga tidak karena saya lagi bingung mau nulis apa, sebelumnya maaf jika beberapa kata-kata saya menyinggung blog anda, piiis....

23 komentar:

  1. infonya mantab mas..blog-ku berbobot gak ya ?? gak berbobot de kayaknya..baik kecepatan bukanya maupun isinya.. hehehe..thanks mas buat infonya

    BalasHapus
  2. oye... nice info mas.. udah saya uji ternyata dibawah 100 kb

    BalasHapus
  3. @achiles : wah yang rajin Nyeo datang lagi, thx ya.
    @Hangga : thx ya
    @fauzan : wow, itu blog baru atau kamu yang keren
    @Ombry : dipraktekin ya...

    BalasHapus
  4. bagus mas :))
    Blog saya ringan banget boo???? :D

    BalasHapus
  5. siiip...dicoba...smile ...4..u

    BalasHapus
  6. @Ombry : nanya atau bangga?
    @ Bill : Seep juga deh...
    @ devianty : dicoba aja mbak...
    @ Suwung : Suwung itu sepi ya mas? cepet kok, aku dah dapet kunjung ke blog mas

    BalasHapus
  7. saran yang bagus...
    bisa coba blog saya? Bagaimana bobotnya...

    BalasHapus
  8. kabari aku kalau tips berikutnya sudah ada :), sip mas thanks ;))

    BalasHapus
  9. iya nih! mungkin salah satu nya blog saya, tapi saya nggak tahu harus buang yang mana, karena saya menganggap nya sangat perlu, tapi ntar deh, gua mau cek lagi, mudah-mudahan bisa jadi secepat kilat, he...he...he...

    BalasHapus
  10. 1001 Peluang Bisnis25 November 2008 13.59

    Wah.. Thanks banget infonya bos...
    Saya jadi ngerti neh....
    tadinya saya pasangin MP3, uda gitu lagu sedih lagi.. Wakakkaka...
    Oke sep...
    Bisa diliat sekarang bos.. Uda ga ada MP3nya...
    www.1001peluang-bisnis.co.nr

    BalasHapus
  11. tp kok blog ini masih berat bukanya ya :D

    *kabooorr..

    BalasHapus
  12. Oh, baru tau saya :-/

    BalasHapus
  13. @Seno : welcome
    @boy : COba sendiri ya mas..hehehe..
    @sulai : pasti mas
    @Raja : wah saya gak nuduh blog anda lho...
    @1001 PB : waw mpe segitunya nanggapin postingan saya
    @mardee : ehm..anda kali yang koneksinya lelet kaya siput..kabur mode = on
    @ahmadmadara : saya juga sebenernya baru tau om

    BalasHapus
  14. wah nambah script jadi 73,2 kb

    BalasHapus
  15. Wah,, makasih infonya mas.... saya baru bikin blog baru... pengen gak berat kebukanya,,,,

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.