Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Rabu, 23 Desember 2009

Luna Maya dan Dunia Maya


Weits..jangan-jangan om lookj mau menggosip nih kok ngomongin kasus Luna Maya?gak juga sih, lookj memilih topik ini mungkin karena sedang hot-hotnya dan juga karena enak aja dijadikan judul. "Luna Maya dan Dunia Maya" kayanya adalah judul yang keren (halah), sudah deh lookj tidak akan bercanda lagi, pantas gak sih si Dunia Maya eh salah, maksudnya si Luna Maya dibawa ke meja hijau karena Twitter?

Kali ini yang kena batunya adalah artis Indonesia, lookj hampir setiap hari mengecek berita IT di media-media internet terkenal dan hampir setiap itu juga lookj membaca kasus yang berhubungan dengan apa yang kita sebut "Social Networking". Entah Twitterlah, entah Facebooklah pokoknya memang beberapa kasus membawa masalah pada beberapa pemilik accountnya. Mulai dari seorang ibu yang dicerca di Twitter karena masih juga twitter-an padahal anaknya sedang sekarat, sampai kasus Facebook yang dipakai sarana untuk memperkosa anak di bawah umur. Ah, dunia ini ada-ada saja.

Sampailah kemarin mbak cantik Luna MayaArtis Indonesia pacar dari Ariel Peterpan mengucapkan kata-kata yang tidak enak dibaca lewat Twitter, yeah kalau belum tahu silahkan search saja sendiri karena lookj tidak mau mengulang tulisan yang sama, basi, hahaha. Status tersebut membuat berang para pencari berita karena mbak Luna menyebut walaupun secara tidak spesifik siapa yang dia maki-maki. Sekarang dunia sudah makin keren, ranah maya bukan lagi urusannya maya tetapi urusannya sudah nyata. Sebagian pihak ada yang mendukung mbak cantik ini dan sebagian pihak terus menuntut agar mbak Lunmay dimejahijaukan.

Kalau dilihat dari segi etika mungkin mbak Lunmay bisa dibilang memang keluar dari norma kesopanan. Tetapi jika dilihat juga dari segi ITnya si mbak Lunmay ini hanya mengutarakannya di Twitter yang berarti status dia terbaru akan cepat diketahui oleh orang yang memfollow Twitternya. Jadi selama seseorang tidak follow Twitternya maka seharusnya status mbak Lunmay tidak ketahuan(secepat ini). Dan dilihat dari pola seperti itu maka Twitter adalah komunitas terbatas karena seseorang tidak akan tahu update status mbak Lunmay jika tidak memfollow, walaupun bisa hanya dengan melihat halaman Twitternya tanpa memfollow (tetapi siapa sih yang tahu statusnya sebelum dipublish media?).

Ah, kacau deh, pokoknya gitulah. Lookj tidak mengatakan si Mbak yang bener atau mas Info yang bener. Yang pasti mbak Lunmay pasti berpikir "andai saja gue gak twit status kaya begituan, andai saja gue cuma tulis itu di kepala gue, andai saja twitter tidak ada". Hahaha, teknologi...memang kadang membuat orang susah.

4 komentar:

  1. kok postingannya sama dengan postingan ini ya judulnya ?
    http://ranggagoblog.blogspot.com/2009/12/luna-maya-dan-dunia-maya.html
    meski isinya engga sama lho..

    aku juga menulis tentang ini, tapi engga menulis tentang Lunmay secara utuh
    disini : http://tutorial-words.blogspot.com/2009/12/arrogant-press-vs-arrogant-celebrities.html

    Om, kok account FBnya di deactive untuk aku ya?
    aku di remove jadi friend
    apa ini gejala dari akibat anehnya tekhnologi juga?
    he..he pis ya om..
    :ngintip

    BalasHapus
  2. lhoooo si itiiik udah duluan.... gak dapet pertamax deh... salam kenal ya om... hihihihihi....

    BalasHapus
  3. hem..sori tik, Fb dah aku nonaktifkan, aku ga da meremove mu kok,aku emang dah menghilang karena Fb bukan tempat buatku, Bloggerlah tempatku..hehehe..ciao..

    BalasHapus
  4. Huahahahhah...semua jadinya panggil om..
    intung gak panggil om Paijo..selamatan deh jadinya.. :gotkp

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.