Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Jumat, 15 Januari 2010

Rahasia menjadi Blogger tangguh


Lagi capek posting tutor-tutoran, seperti biasa mau cakap-cakap bohong dulu..huahahah. Btw dihitung hitung, lookj sudah ngeblog selama setahun lebih...prikitiw. Lha lalu kenapa, selama itulah juga lookj mengamati perkembangan Blogger dari masih sepi sampe serame sekarang. Teringat juga akan teman-teman blogger lama yang sekarang sudah tidak lookj kunjungi lagi, masihkah mereka ngeblog? Sempat terbesit untuk pergi meninggalkan dunia blogging ini, namun mengapa lookj harus membatasi ide-ide di otak yang seharusnya keluar? ya kan?

Blogging itu ya sebenarnya adalah kegiatan menulis di internet, berekspresi di internet, membagi informasi di internet. Dengan adanya fasilitas blog gratis yang menjamur tentu membuat banyak orang tertarik untuk ngeblog. Tetapi peningkatan yang signifikan terkadang tidak dibarengi kekonsistenan untuk ngeblog lho. Lookj mau kasi aja deh sedikit rahasia untuk menjadi blogger yang tangguh dan tidak mencle.

1. Jangan berhenti di Finding Topic
Salah satu hal yang memang susah adalah menemukan sesuatu yang pas untuk kamu bagi, terkadang topik yang tidak cocok membuat kita berhenti ngeblog karena tidak antusias lagi untuk menulis. Solusinya? hmm...coa deh blogwalking, biasanya saat blogwalking kamu akan mendapatkan referensi-referensi topik yang cocok bagi blogmu. Jika kamu ingin menjiplak topik orang ingat rumus ATM yaitu Amati, Tiru, dan Modifikasi.

2. Jadi blogger mesti banyak baca.
Menulis yang banyak itu adalah awalnya membaca yang banyak, bener deh. Kalau boleh sharing pengalaman si lookj ini doyan baca dari kelas 1 SD. Bapak lookj terkadang memberikan koran setelah ia membacanya ke lookj karena tahu anaknya gila baca. Semua yang bisa dibaca akan lookj baca(kecuali buku pelajaran, males ah). Relevansinya terhadap blogging ya banyak-banyaklah baca-baca informasi di internet baik itu di blog orang maupun media online terkemuka agar kamu bisa mendapat ide dari sana jadi tidak ada lagi istilah "ga ada ide"

3. Tahan dikatai.
Mungkin sebagian orang ga tahu kegiatan blogging itu adalah kegiatan menulis sesuatu, cenderung dipandang menghabiskan waktu di depan komputer dengan sia-sia. Memang sih kalau freaker ga baek juga tetapi jangan menyerah kalau kamu disebut sering ngenet. Sebenarnya yang kita lakukan adalah searching informasi, menscan lewat mata, mengirim informasi, lalu menyimpan di hardiks kita yang bernama otak. Setelah itu mari kita tuangkan semua node-node informasi tersebut lewat tulisan kita di blog. Blogging adalah kegiatan sangat positif, kalau gak percaya silahkan lihat 2 buku lookj di Gramedia karena itu adalah bukti blogging sebuah hal positif.

4. Dinamis
Ubahlah templatemu sekali-sekali, tetapi jangan terlalu sering. Misalnya saja saat tahun baru dan pacar baru(halah). Perubahan suasana menjadi lebih baik akan membuat pembaca betah untuk berkunjung karena merekaakan merasa blog dikelola dengan baik oleh pemiliknya. Dinamis disini juga berarti kamu harus selalu update posting, jangan sampai ditinggalkan lebih dari sebulan penuh.

5. Udah ah 4 aja soalnya mungkin sudah banyak kamu menemukan trik-trik lainnya, yang pasti selain kamu mesti rajin nulis, kamu juga mesti meningkatkan pengetahuanmu tentang memaksimalkan halaman blog di situs pencari karena rame atau tidaknya blog juga tergantung situs pencari. Eiit..tetapi untuk mendapatkan pengunjung loyal kamu tetap mesti menjalankan langkah-langkah menjadi blogger tangguh tadi.

Salam Blogger, Semoga kita tetap diberi semangat dari Yang Di Atas untuk ngeblog, happy weekend yach.

8 komentar:

  1. thx tipsnya...akhirnya bisa mampir dan menerapkan ilmu yg di dapat dr buku sakti....kamis kemaren ke rawamangun? kan Siwaratri (ga nyambung sama postingan hehehe)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. @Ayu: iya mbak, saya ke Rawamangun kok...hehehe, oke selamat ngeblog ya:rate

    BalasHapus
  4. Wah, terima kasih sudah berkunjung. Iya Bli, blogger jg ada, tp tidak terstruktur dengan baik dan sudah lama tidak saya urus. Isinya hanya diary aja. Oh ya..nice emoticons that are..:-D

    BalasHapus
  5. hahaha no spam?
    http://remajauang.blogspot.com/2010/01/peluang-usaha.html

    BalasHapus
  6. thank's infonya...
    kl pendapat mas tentang menjadi tangguh dengan mengandalkan SEO gmn??

    salam persahabatan,dr bloger newbie

    BalasHapus
  7. JADI seMANGat ngEBLOG laGI NIHhh.... :gotkp

    BalasHapus
  8. ikut :ngintip dulu Mas, sambil baca-baca dikit.... Mampir athu ke blog ane, skalian komen-komen

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.