Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Jumat, 12 Februari 2010

Kupas tuntas Google Buzz


"Google seakan tidak mau mengalah dalam semua bidang teknologi, mulai dari meluncurkan layanan email sendiri, menciptakan OS Android, browser chrome, mengeluarkan ponsel Nexus, bahkan di pertengahan 2010 nanti maju dengan Chrome OSnya, lalu sekarang mesin pencari terkenal seantero jagad ini ingin mendepak dominasi Twitter dan Facebook lewat Gogle Buzz"

Layanan Google Buzz konon katanya ingin menyingkirkan dominasi 2 web cuap-cuap paling digemari belakangan ini yaitu Twitter dan Facebook. Jadi, bagaimana kalau kita lihat bagaimana si pembasmi Twitter dan Facebook ini:

Buzz?
Namanya Google Buzz, seperti twitter dan Facebook, Google Buzz diarahkan untuk menjadi social network dimana pemakainya bisa bercuap-cuap lalu mengomentari banyak hal dari kerabat yang terkoneksi dengannya. Namun layanan ini tidak berdiri sendiri, masih terintegrasi dengan layanan email Google(Gmail) dan tidak menutup kemungkinan nanti akan menjadi layanan yang independen. Untuk memakainya, tentu kamu harus memiliki account di Google Mail.



Tampilan.
Dengan tegas Google Buzz memberikan interface bahwa dengan fasilitas ini kamu bisa update status dan bisa dilihat oleh followermu. Keamanan postingmu terjamin dengan 2 pilihan yaitu posting ke publik atau hanya privat yang berarti cuma grip tertentu yang bisa melihat statusmu.



Friend.
Sejujurnya lookj juga agak bingung bagaimana Google Buzz mengkoneksikan kita dengan teman. Lookj yang baru memakai tiba-tiba saja sudah memiliki beberapa follower. Buzz cukup pintar dengan menggabungkan unsur twitter dan facebook dimana jika kita difollow seseorang maka di jendela yang sama kita bisa balik memfollow orang yang memfollow kita(aw..aw..aw agak bingung yach?). Walaupun masih lebih praktis facebook dimana jika kita sudah menerima permintaan sebagai teman maka 2 user tadi sudah benar-benar terkoneksi.





Status
Bisa dibilang status pada Buzz menyaingi facebook dimana 4 navigasi disematkan untuk membuat user betah bercuap-cuap. 4 tersebut meliputi comment langsung, status like, email, bahkan chat, tunggu dulu..chat disini sangat unik karena saat kamu ngechat lewat status maka chat kamu benar-benar keluar di rekanmu untuk mengomentari status tersebut. Hal unik lain adalah status yang kamu keluarkan akan terlihat nyata di tampilan buzz rekanmu, begitupula dengan komen yang kamu tambahkan di statusnya. Yeah, entahlah mengapa facebook tidak menambahkan komentar yang realtime dimana tidak perlu ada notification untuk melihat komentar masuk melainkan langsung muncul dengan sendirinya, begitupula dengan status di Facebook yang ditumpuk dulu lalu user yang mesti punya gawe untuk memperlihatkan status-status terbaru dari rekannya. 1 ketimpangannya hanya ukuran area status yang begitu lebar, terlalu lebar gak sih?



Share everything
Selain share status, disini kamu juga bisa share foto dan link. Foto tersebut bisa dari picasa, flickr, dan satu hal yang mengejutkan bagi blogger adalah kamu bisa mengambil gambar archive blogger untuk dishare di buzz(mm..gak mengejutkan banget kali ya).



Search facilities
Kalo diperhatikan setelah mengaktifkan Buzz, Google mengaktifkan pencarian di Buzz yang berarti kamu bisa juga searching segala sesuatu di buzz.



Untuk perkembangannya Buzz mungkin juga akan menambahkan basis lokasi yang saat ini sudah tersedia lewat handphone, um..ga mau deh ngebahas soalnya belum ngerti, oiya lupa deng..buzz juga bisa mengimpor twitter, google reader, dan flickr. Mungkin banyak hal yang tidak bisa lookj kasih tahu dengan tulisan ini, namun ada baiknya kamu mencoba sendiri jika masih penasaran dengan fasilitasnya.


4 komentar:

  1. Saat BW, kayanya aku udah nemu artikel ini di 4 blog lain
    tentang google Buzz..
    yakin? mau gabung? Facebook aja males update sekarang
    he..he

    BalasHapus
  2. gile dah, makin lengkap aja fiturnya Googgle..
    Sayang, sekarang ini google sudah menjadi pengikut trend, tidak lagi sebagai pencipta trend seperti zaman keemasannya dulu..
    Kalang kabut dia deh mau disaingi facebook :D

    BalasHapus
  3. udah ada ya google buzz??? keboo kira AKAN ada.. hehe..

    putu hedi tu bli lookj ya???
    orang balikah???
    sering2 ke kandang keboo nggih... (weleh.. cuma tau nggih gen sik)

    BalasHapus
  4. Hmm..sdh lm gak mampir k sini...eh dpt info bagus. Tadi sempat bengong lht google buzz. Thanks lookj

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.