Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Kamis, 21 April 2011

Peran Cloud Computing dalam Menyimpan Data (Aman, Praktis, dan Mutakhir)


Teknologi cloud computing ramai dibicarakan oleh para penggiat teknologi dan kamu mungkin belum tahu atau hanya mengerti sedikit tentang apa yang disebut dengan Cloud Computing. Sama, lookj juga belum begitu mengerti bagaimana Cloud Computing bekerja secara mendalam, dan lookj memang tidak berniat untuk itu. Karena kamu dan lookj juga sama-sama belum mengerti terlalu mendalam tentang Cloud Computing, bagaimana kalau kita belajar bareng dengan memahami Cloud Computing secara sederhana dan mempelajari yang rasanya berguna untuk kehidupan kita, setuju?

Jadi Sebenarnya bagaimana menyimpan data di Cloud Computing?

Dalam Cloud Computing biasanya file/data disimpan di Awan, oke, memang bukan benar-benar menaruh data di atas awan (atau menaruh segala barang-barang di awan seperti apa yang dilakukan Doraemon). File sebenarnya disimpan di dalam server yang tersebar di seluruh dunia. Ketika kamu melakukan update pada suatu file di sebuah komputer maka file kamu akan otomatis diupdate secara real time pada server tersebut sehingga antara data di komputer dan server terjadi singkronisasi. Dengan adanya file di server maka kamu bisa mengakses filenya dari mana saja dan kapan saja selama ada koneksi Internet.





Saya sudah punya HDD Eksternal, buat apa lagi Cloud Computing?

Bayangkan betapa tidak praktisnya sebuah Harddisk atau Flashdisk yang kamu bawa kemana-mana karena terdapat banyak resiko yang kamu tidak bisa hindari seperti hilang, rusak, atau ketelen (waw, kok bisa ketelen sih, beckamu ding, hahaha). Dengan menerapkan teknologi Cloud Computing untuk penyimpanan file maka kamu bisa memanggil file dan mengupdate file dimanapun kamu berada dengan syarat adanya koneksi Internet.

Tapi saya sudah menyimpan file di 4Shared, Rapidshare, Mediafire, dll kan?

Ya, kamu memang telah melakukan backup dimana-mana sehingga jika terjadi sesuatu maka kamu bisa mengambil backup nya di salah satu penyimpanan online tersebut, tapi ingat, data yang kamu simpan pada media penyimpanan online tadi bukanlah file terakhir yang kamu edit, ya kan? jadi ketika terjadi kerusakan file pada bulan April, mungkin saja kamu menyimpan file yang diupdate bulan Januari sedangkan yang kamu butuhkan adalah file yang diedit pada bulan April. Konsep menyimpan file pada Cloud Computing tidaklah menyimpan biasa di sebuah layanan server namun terdapat fasilitas singkronisasi file antara komputer dan file yang ada di Server. Jadi sangat beda jika kamu menyimpan dengan cara lama dan cara Cloud Computing. Selain terjaga keamanannya juga terjaga kemutakhirannya, keren kan?

Lalu bagaimana memulainya?

Pertama, pilih penyedia layanan Cloud Computing . Kedua, Download Software yang disediakan oleh penyedia tersebut. Ketiga, Install Softwarenya di komputer kamu, biasanya setelah terinstall maka akan terdapat satu folder atau satu drive yang disediakan untuk “menyetor” file kamu disana. Koneksi Internet kadang ada kadang tidak? tenang saja, tetaplah mengedit file dalam folder tersebut karena update akan terjadi secara otomatis ketika ditemukan koneksi Internet pada Laptop/Komputer kamu. Sebagai pegangan saja, kamu bisa memilih layanan penyimpanan secara Cloud Computing seperti Dropbox atau OpenDrive. lookj memakai Dropbox karena layanan ini yang pertama lookj kenal, untuk OpenDrive kamu bisa coba sendiri (dan tolong katakan pada lookj apakah bagus atau mengecewakan)

Bagaimana prospek Cloud Computing di Indonesia?

Satu hal revolusioner yang terjadi mungkin adalah tidak lagi digunakannya media penyimpanan seperti flashdisk, Harddisk, atau yang paling ekstrim mungkin kertas tidak lagi dikamulkan untuk mendokumentasikan sesuatu. Tetapi di negara sehebat Jepang sekalipun belum mampu untuk memakai Cloud Computing 100% dalam penyimpanan datanya sehingga masih sebatas menerapkan paperless ketimbang paperlost. Bagaimana dengan Indonesia? jangan harap Cloud Computing bisa dijadikan langkah revolusioner untuk mengurangi penggunaan kertas maupun hardware penyimpanan data jika koneksi Internet di Indonesia belum merata dan belum sebagus negara-negara seperti Amerika Serikat dan Korea Selatan. Jangankan Internet merata, kesejahteraan merata pun belum bisa dilakukan oleh negara kita tercinta ini.

Penyimpanan data hanya salah satu kemudahan dari Cloud Computing, masih ada banyak kemudahan yang diberikan dan lookj kebetulan hanya membahasnya dari segi menyimpan data. So, Apakah sekarang kamu lumayan mengerti tentang Cloud Computing?

5 komentar:

  1. punya website cloud gk? gmana cara nge uninstall win 7 total security?

    BalasHapus
  2. ohhh skarang aku tau.maklum tadinya aku baca di internet ttng cloud computing ini. btw sya baru baca buku looj "jurus sakti ngeblog" joss mantap aku skarang mau bikin blog ahh.
    thanks Lookj

    aku mau minta saran nich ( sorry out of topic ) : untuk buat blog WP apa ada buat domain and hosting gratiss ? mau nyoba yg nggratisan dulu hehehe
    Thanks alot LookJ...you are just awesome...
    Jefvz/Surabaya

    BalasHapus
  3. mendaftar layanan cloud di indo dimana ya?

    BalasHapus
  4. Mantap Gan ijin sedot ilmunya

    BalasHapus
  5. makasih gan infonya
    info seputar Bola, prediksi bola TERBARU dan TERPERCAYA
    bisa Anda dapatkan disini..
    www.bola368.net

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.