Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Minggu, 11 Desember 2011

4 langkah membuat Facebook lebih baik.


Facebook sampai sekarang tetap menjadi social network dengan pengguna terbesar dan pengguna teraktif di dunia. Walaupun beberapa kali gue sempat membahas fitur Google+, tetapi apa daya Social Network milik Google itu sekarang sudah mulai tidak diminati karena minimnya inovasi.

Facebook dengan pengguna lebih dari 800 juta bagaikan kehidupan sosial kedua bagi masyarakat di seluruh dunia, atau bahkan beberapa orang lebih sering berinteraksi lewat Facebook ketimbang di dunia nyata.

Pada kesempatan ini, hahaha udah mirip pidato kondangan aja, lanjut..pada artikel ini gue akan mengulas 4 langkah membuat facebook menjadi tempat ngumpul yang lebih baik. User Menjadikan yang lebih baik ini maksudnya adalah facebook kita bisa memberikan benefit bagi teman-teman dan diri sendiri. Berikut 4 langkah menurut gue, jangan dikutip terus disebarin dan dikatakan menurut penelitian ya!

Beri nama yang benar dan jelas

Dunia maya memang menjadi dunia kedua bagi sebagian orang, maka dari itu tak sedikit yang memakai nama samaran dan terbawa sampai ke Facebook. Sah-sah saja menyembunyikan identitas di dunia maya tetapi menurut gue Facebook bukanlah tempat untuk menyembunyikannya. Jika kamu menyembunyikan nama asli berarti ada suatu hal yang ingin disembunyikan, karena jadi buronan koruptor misalnya. Selain mencurigakan, teman-teman lamamu akan kesusahan mencari di Facebook, siapa tahu kan teman semasa TK ingin menjalin silaturahmi kembali. Coba bayangkan kalau gue memakai nama Jati Selalu Chayank Diriku, sampe lebaran monyet juga si teman TK gak bakalan ketemu. Selanjutnya adalah benar, benar itu belum tentu jelas. Contohnya gue tulis Putu H4d1 Purn4m4 J4t1, kira-kira bisa ketemu gak nama seperti itu? anak muda jaman sekarang memang sudah tidak asing dengan penggunaan huruf besar kecil dan angka-angka yang mengganti huruf sehingga pas baca sangat memelintir mata. Pakai nama yang benar dan jelas, itu adalah pilihan terbaik yang harus dipakai untuk menunjukkan bahwa kamu bukan orang aneh.


NB : memakai nama singkat juga boleh kalau misalnya kepanjangan, tapi jangan make nama panggilan seperti Udin Penyot, Andi Kempot, dll :D

Lengkapi profil agar tampak profesional

Setiap orang berhak mengatur privasinya di Facebook, namun jika ingin tampak profesional maka lengkapi semua info tentang pendidikan dan pekerjaan. Berikan deskripsi yang menarik pada bagian about misalnya mencantumkan apa yang sebenarnya anda minati dan apa pekerjaan sampingan anda. Hindari deskripsi yang biasa-biasa saja, apakah anda bangga jadi orang yang biasa saja tanpa keunikan tertentu?.

13235575811368846533


Hindari kata-kata "I am just ordinary boy/girl" atau "gue cowok/cewek yang biasa aja". Seriously, sukakah kamu dianggap biasa? kalau gue lebih suka menuliskan hobi seperti "gue gemar menulis dan ngeblog" atau "gue humoris dan suka musik". Dengan begitu orang tahu apa hobi gue, kegemaran gue, pekerjaan sampingan gue, dan siapa tahu suatu hari nanti karena deskripsi yang bagus kamu bisa diundang di sebuah komunitas sebagai pembicara atau gabung dalam sebuah proyek sesuai passion atau hobi.

Stop status galau dan berikan status yang bermanfaat

Eksis boleh saja tetapi lebih baik eksis yang positif. Belakangan ini istilah galau banyak dibicarakan, bahkan sempat gue liat ada buku tentang penggalauan. Lucu-lucu aja sih membuat status galau tetapi status itu lama-lama malah akan menjadi racun teman-teman kita sehingga jadi enek. Celakanya malah ada lagi yang membuat status "Galau to the max" seperti mengumpat dan menghina, mereka dalam golongan "Galau to the Max" selalu memandang kehidupannya dari sisi hitam, seolah-olah gak ada sisi putih yang bisa dipetik.



Hindari juga bikin status singkat gak penting seperti "macet", coba lengkapi dengan "macet di daerah Grogol, yang lewat sini hati-hati karena selain macet juga hujan". Status yang kedua pastinya lebih bermanfaat bagi teman kita di Facebook. Tetapi status yang dibuat sih terserah aja, yang penting gue tetep tekankan jangan bikin "Galau to the max", selain bikin enek juga menunjukkan kamu orang yang pesimistis.

NB : Share link yang bagus juga merupakan status yang bermanfaat lho, apalagi dari blog sendiri, bisa jadi sarana promosi.

Kurangi foto gak jelas dan pakai foto profil yang bagus

Kurangi mengupload foto-foto kartun, artis, dan sejenisnya apalagi menjadikan sebagai foto profil.

Gue paling males meng-add atau accept orang yang memakai foto artis atau kartun idolanya sebagai foto profil. Kamu harus pede dengan diri sendiri, setidaknya jika tidak pede cobalah berfoto bersama teman-teman karena foto bersama menyiratkan kamu bukan orang kuper dan punya social life.

Itulah 4 langkah menjadikan Facebook lebih baik versi gue, mari kita menyebar semangat optimisme di kalangan dunia maya khususnya anak muda. Apa jadinya generasi yang penuh rasa galau? apa nanti kata Sokearno di alam baka kalau pemudanya sudah gak bisa mengguncang dunia?

Salam Anti Galau!

2 komentar:

  1. top markotop...mari kita guncang dunia...ahaha

    BalasHapus
  2. Waduh,harus ganti foto profil nih

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.