Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Rabu, 07 Desember 2011

Bedanya Blogger dan Wordpress, baca ini pasti ngerti



Blogger? Wordpress? bedanya apa siih?

Walaupun 2 platform blog ini sudah begitu populer di dunia maya, namun masih banyak yang belum bisa membedakan dengan jelas antara Blogger dan Wordpress. Gue tergerak untuk membuat tulisan ini karena beberapa teman kita sering menanyakannya lewat chat tentang apakah sebaiknya membuat web atau blog dan platform mana yang lebih baik dipakai. Baiklah, mari kita belajar segamblang-gamblangnya biar gak pada bingung lagi karena jika salah mengerti maka salah juga mengambil langkah ke depannya.

Oke, dua makhluk yang akan kita bahas kali ini yaitu Blogger dan Wordpress. Keduanya adalah layanan paling populer di dunia maya. Tetapi banyak yang gak tau bahwa Blogger dan Wordpress itu 2 wujud yang berbeda. Mari kita bahas satu persatu.

Blogger

Blogger adalah salah satu layanan blogging dengan pengguna terbanyak di dunia. Perlu diketahui si Blogger inc ini milik Google semenjak diambil alih dari perusahaan pengembang Blogger Pyra Lab, dalam waktu dekat Google rencananya akan mengubah namanya menjadi Google Blog agar ketahuan siapa pemilik layanan ini(narsis banget). Patut dicatat kalau Blogger ini adalah layanan Blog, bukan CMS! jadi istilahnya Google sudah menyiapkan hosting gratis yang secara teori tak terbatas, subdomain blogspot, jadi kita tinggal pakai saja tanpa perlu pusing mengisi plugin ini itu. Oleh karena Blogger bukan CMS, maka kita tidak bisa membuka kodenya secara blak-blakan namun Google membuka kode-kode untuk mengubah tampilan blognya dan fungsi-fungsi terbatas. 

Oh beda ya Blogger ma Blogspot?

Banyak yang bertanya perbedaan antara Blogger dan Blogspot. Sebenarnya ini menjadi sedikit kerancuan. Blogger jelas adalah nama layanannya sedangkan blogspot adalah nama domain yang dipakai Google untuk domain blog yang dibuat di Blogger. Jadi lebih enak kalau kita sebut Blogger sebagai nama layanan dan blogspot itu subdomain yang akan kita terima kalau memakai Blogger.

Hostingnya bagaimana?

Seperti yang gue katakan di awal bahwa di Blogger hostingnya sudah disediakan Google dan secara teori tak terbatas. Itu artinya tidak perlu pusing-pusing membeli hosting di jasa hosting lalu mengupload filenya, toh Blogger bukan CMS, lalu mau upload file apa? tetapi dengan digratiskannya hosting maka kita gak bisa berbuat apa kalau nanti blog ditutup oleh Google, istilahnya di-banned. Masa udah dikasi tempat gratisan giliran diusir ga mau. Tetapi Google tidak mengusir Blogger dengan sembarangan karena biasanya Blogger yang di-banned kebanyakan melanggar Term Of Service nya Google Blogger.

Trus kalo ngeblog di Blogger gak bisa pake Top Level Domai dong?

Bisa, kenapa enggak? caranya ya tinggal beli domain terus redirect subdomain blogspot ke domain kita. Sebagai contoh blog gue yang dulu beralamat di http://www.lookj.blogspot.com sekarang sudah diganti jadi http://www.look-j.com biar lebih pendek dan gampang diingat. Tetapi walaupun sudah berubah domain tidak ada hubungannya sama bebas pengusiran karena ibaratnya kita hanya mengubah alamat rumah tetapi tanah dan seisinya masih milik Google, ya masih aja diusir.

Cara redirectnya?

Cari di Google, cuma untuk pemula sangat disarankan dibimbing oleh CSnya tempat beli domain. Maka dari itu cari penjual yang lumayan besar dan terpercaya.

Sekarang lanjut ke Wordpress...

Wordpress

Yang selalu bikin bingung orang-orang adalah : "Wordpress itu CMS atau layanan sih?". Jangankan yang baca ini, gue awalnya juga sempet bingung dan akhirnya mendapat pencerahan setelah mendengar penjelasannya langsung dari tim Wordpress pada Pesta Blogger.

Wordpress adalah sebuah CMS yang ditemukan oleh Matt Mulenweg dan dikhususkan untuk blog alias fungsi-fungsinya itu kebanyakan yang bisa dilakukan blog. Oleh karena keterbukaannya maka CMS Wordpress sangat cocok untuk digunakan user pemula maupun expert.  Bagi para expert biasanya Wordpress dimodifikasi sedemikian rupa sehingga punya fungsi-fungsi kompleks yang bahkan bisa menyerupai CMS Web seperti Joomla.

Perlu hosting dan domain gak?

Saat memakai Blogger kita tidak menggunakan hosting tetapi saat menggunakan CMS Wordpress maka wajib hukumnya menggunakan hosting dan domain karena yang punya tanah adalah kita sendiri. Gedenya hosting terserah kita karena semakin besar maka semakin banyak yang bisa kita tampung di dalamnya baik itu berupa video, gambar, posting, dan berbagai file lainnya.

Bisa diusir gak?

Bisa aja diusir kalau kita gak tepat waktu bayar hosting karena beli hosting itu gak beli sekali untuk selamanya tetapi lebih tepatnya "menyewa hosting". Jadi sesuai dengan kesepakatan penjual hosting, kita harus membayarnya beberapa bulan sekali (termasuk domainnya).

Terus kayaknya ada Wordpress layanan deh, bener gak?

Bener, Wordpress sebagai layanan beralamat di Wordpress.com. Wordpress.com ini yang punya juga si Wordpress cuma bentuknya sebuah layanan blog seperti Blogger. Wordpress memfasilitasi user yang doyan layanan gratis dan gak terlalu ngerti CMS. Berbeda dengan Blogger, Wordpress sepenuhnya menutup kode-kode untuk mengubah tampilan dan tidak memperkenankan ada iklan-iklan berupa kode Javascript terpampang di Blog kita. Hal ini dilakukan untuk menggiring user memakai CMS Wordpress karena biasanya selalu ditulis "jika ingin mengexplore lebih banyak, download CMS Wordpress di wordpress.org".

Terus kalo make layanan Wordpress, bisa make Top Level Domain juga?

Bisa donk, kan sama aja dengan penjelasan Blogger tadi, tinggal redirect kok.

Setelah agak mengerti dua platform tadi pasti muncul pertanyaan seperti ini:

Lalu ane cocokan ngeblog dimana?

Hm..jawab sendiri aja deh karena selera itu masing-masing. Kalo gue awalnya nyoba Blogger terus nyoba Wordpress akhirnya make dua-duanya. Wordpressnya itu yang CMS lho, bukan layanan karena menurut gue sekalian aja belajar CMS Wordpress daripada make layanannya. Saat belajar CMS Wordpress maka banyak hal yang akan dimengerti dan nanti pasti berguna ketimbang make Wordpress sebagai layanan dimana kita hanya ngerti nulis artikel dan nambah "widget".

Nyobain keduanya? terus bagusan mana?

Gak bisa dibandingin antara Blogger dan Wordpress karena keduanya bukan hal yang sama. Coba gue tanya balik bagusan mana antara Mobil BMW sama motor Ducati Monster? ya kan? tetapi jika ditanya bagusan mana antara Blogger dan Wordpress.com maka gue akan menjawabnya Blogger karena di layanan Wordpress sangat terbatas yang bisa dilakukan.

Lho, denger-denger buat blog make CMS Wordpress lebih bagus terindex di Google, bener gak?

Gak juga, memang ada plugin-plugin di CMS Wordpress yang bagus dalam mengoptimalkan posisi blog di mesin pencari, tetapi berhubung Google sekarang make Algoritma Panda maka make apapun sepertinya gak terlalu ngaruh. Algoritma Panda adalah Algoritma Google yang sangat berbeda dengan Algoritma terdahulu. Pada nyadar kan kalo hasil searching yang sekarang sudah jauh lebih baik ketimbang dulu? ini karena Algoritma Panda mengutamakan konten ketimbang optimalisasi lewat plugin atau cara-cara kotor. Dulu memang blog dengan CMS Wordpress begitu mudah masuk page 1 halaman Google karena banyak plugin untuk mengakalinya. Pernah gak cari kata kunci terus pas klik hasilnya eh malah masuk lagi ke blog yang melakukan pencarian lagi padahal artikel yang dicari itu gak ada sama sekali? nah, itu pake plugin Wordpress yang agak "nakal".

Terus blogdetik.com atau kompasiana.com gitu layanan juga? make CMS apa?

Cobain dulu Wordpress terus buka deh blogdetik atau kompasiana. Lihat Dashboard ketiganya, sama gak? gue yakin kalo kawan-kawan bakalan ngerti jika Dashboard Wordpress, Blogdetik dan Kompasiana sama persis :D

Um..gak ngerti, emang gimana?

Gedubrak! blogdetik dan kompasiana itu make CMS Wordpress tauuuuuu....

Wah!!kok keren gitu jadinya?

Ya itulah CMS Wordpress di tangan para expert.

Terakhir, bagusan buat web atau blog?

Perlu dicatet ya kalo blog itu juga web, weblog tepatnya. Bedanya adalah blog itu fungsinya lebih ke penulisan berita berurutan sesuai tanggalnya, itu doang. Kalau mau cepet ya buat di Blogger atau Wordpress.com. Kalau mau agak explore ya coba pakai CMS Wordrpess. Kalau mau bener-bener komplit isi telor sampe ada aplikasi statistik, grafik-grafik trend penjualan, dll ya coba pakai web aja entah buat sendiri atau make CMS seperti Joomla.

Kalau masih belum jelas coba cari referensi ke rumahnya si Mbah. Semoga dengan tulisan ini tidak ada lagi kebingungan klasik antara Blogger dan Wordpress.

NB : Tulisan ini dibuat ketika gak bisa tidur #gapentingbanget

81 komentar:

  1. abis baca ini artikel otakq jdi cerah,,,wkwkkwk
    oh ya...gue plg suka dah NB'nya....hihi..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya, gue juga cespleng padahal tulisan sendiri, wkwkwkwk...

      Hapus
  2. Pernah nyoba CMS Wordpress,tapi ngga ngerti makenya.Jadinya tetep make Blogger

    BalasHapus
  3. hmmm...
    kalo ane sih pakenya WP... lebih mudah di kustomisasi, lagian pake hosting sendiri, gak ikut punya WP.

    terus ada lagi pembedanya di bagian service dalam hal ini adalah layanan blog onsite:

    WP: - gak bisa nambah widget dengan kode html ( iframe) + js so, kalo mau kasih shoutbox (cbox,shoutmix dll) kagak bisa.
    - redirect pake domain sendiri (parking) bayar

    Blogspot: - parking domain gratis
    - bisa tambah widget dengan kode html (iframe) + js.

    BalasHapus
  4. mangtaf gan, ane sih pake blogger dan beyum pernah coba wordpress hehe

    BalasHapus
  5. thanks bro utk sharing pengetahuannya. gw br nyoba pake wordpress, itupun yg gratis punya. gue br belajar ngeblog soalnya, stlh baca buku lu (buku sakti nge-blog. btw, tuh buku ky nya perlu di revisi deh bro. soalnya wordpress yg skr dgn wordpress yg lu bahas di buku itu sedikit berbeda. hehehehehe... di tggu sharingnya lg ya bro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maybe karna udah ga valid tapi masih ada kok yang sama, maklum buku itu gak bisa bertahan sama jaman :D

      Hapus
  6. thanx gan atas infonya.....kalian juga bisa kunjungi situs http://ict.unsri.ac.id/ atau http://elastralsyah.wordpress.com

    BalasHapus
  7. thx bro..mencerahkanku yang baru mau akan nyoba nge-blog..
    (tuch kan, gue gak silent)

    BalasHapus
  8. ak dlu dh punya blog tp lupa paswordnya gmn ya?
    carany buka gmn gan dan bisa nemuin paswordnya lagi

    BalasHapus
  9. Sama nich gan !
    Bukan males pake wordpress
    Tapi g tau ngotak ngatiknya
    Install plugin aja saya sering error blog-nya whahahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hati2 pluginnya aja gan, yang terpercaya baru bole install..

      Hapus
  10. nice info , visit my web http://www.tidustidus.co.cc/

    BalasHapus
  11. ko Q gk bisa mulu opld foto di bloger kenapa y retry mulu aah apa Q ny yg bego y:-D

    BalasHapus
  12. jadi intinya itu bagusan yg blogger apa wordpress hya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantab gan info nya, tapi masih bingung nh pake wordpress ?? dan loading di kompi ane lemot wordpress ny.
      menurut agan potensi kedepan yang bagus untuk blogging apa ya ?
      Wordpress atau Blogspot ?

      maaf newbi nh gan :)
      foloww back http://muliyapropertyprofesional.blogspot.com

      Hapus
  13. hai,,like bangat postingannya .makasih :)

    BalasHapus
  14. wah keren penjelasannya...
    mkasih mas,, jdi nmbah informasi ni..
    salut buat mas hadi.. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oya mas..
      aku pemula bangt ni, bru buat di blogger..
      klu smpat visit blog ku ya..
      skalian comment ksi masukan..
      ok mas..

      Hapus
  15. Wadow, agak bingung ya memahaminya.
    Setelah ini saya pingin buat webblog, cuman bingung mau make yg blogspot atau wordpress, pinginnya sih nyari yang simple, lengkap, gak ribet, fleksibel, mudah, dan enak buat ini itu, nah itu asyiknya saya make yg mna ya?
    Udah baca refresensi ini itu, giliran baca refrensi ini brasa kaya baca tulisan senior abis, jdi harusnya saya make mana nih kalo yg saya pinginin kaya gituh???
    *sorry agak curhat :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. senior gimana? masak ketinggian bahasanya? pemula pake aja Blogger :D

      Hapus
  16. Jadi kalo pake blogspot, kalo mau domain sndiri mesti bayar, tp kalo d WP domainnya bayar gak? (need help)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf lama balasnya..domain semua mesti beli..jadi bayar semua..

      Hapus
  17. Manteb mbah! Tak kasih five thumbs..

    BalasHapus
  18. kalo soal keamanannya gimana ya? kalo WP itu kenapa ya suka bnyak yg ga dikenal muncul gitu aja terus bisa ngasih komentar lagi. makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake plugin captcha di wordpress agar gak bisa dispam :D

      Hapus
  19. Bener2 bikin ceraaaaah....
    Trims gan,,,,
    Ogut dari awal pake blogger,belum tertarik make Wp...
    Tapi someday ♍ªªƱ coba WP ato CMS gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja someday gan, jangan terlalu fanatik sama 1 hal, explore semua aja..

      Hapus
  20. great...
    Smoga diberikan pahala bagi yang kasih info.. Sama dimudahkan tidur'y.. Aamiin

    BalasHapus
  21. Makasih infonya nih, jadi ngerti..
    Numpang Copas gan, masih newbie :)

    BalasHapus
  22. Kereeenn... pengen buat blog di blogger aja ahh. Thanks infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayang kaula muda jaman sekarang lebih suka facebookan ketimbang blogging...

      Hapus
    2. Saya sependapat dengan Putu Hadi, kebanyakan pemuda/di saat ini kalo maen fb seharian betah banget lantas kalau blogging (jangankan blogging mengerjakan pekerjaan rumahpun malas)

      Hapus
  23. pencerahan yang bagus, tata bahasa artikelnya juga bagus!

    mengenai wordpress dan blogspot, saya sich ga pernah ambil pusing!

    karena wordpress dan blogspot punya kelebihan masing-masing, :)

    makasih infonya sob!

    BalasHapus
  24. Nambah banget pengetahuan saya mas .. terima kasih ya .. Ntar dilain waktu pengen blajar WP :)

    BalasHapus
  25. menambah wawasanku dalam memilih platform ngeblog..

    BalasHapus
  26. Sipp gan.. Jadi gak di madu antara blogger and wordpress.. heheheu

    BalasHapus
  27. sepp mantabss mas...kunjungi juga ya http://boking-cewek-via-facebook-part1.blogspot.com

    BalasHapus
  28. SEOnya mantap gan,
    ada rahasia kah?
    betewe, yang sy suka dari WP, komentor bisa dapat info klo commentnya ada balasan.
    klo di blogger g ada, :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak mantap ini, visitorsnya masih dikit...

      Hapus
    2. apanya yang g mantap fren?
      blog ini atao blogku??
      klo blog ku emang iya g mantap,
      pengunjungnya minim, makanya bantuin berkunjung ya hehee

      Hapus
    3. blog ini masih belum mantap gan :D

      Hapus
  29. ijin add link ya :).. tambah ilmu bwt pndtang baru

    BalasHapus
  30. ya Tuhan udah baca beberapa kali tapi tetep aja masih bingung mau bikin yg mana ... ????
    haduuuh bang Putu Hadi help me pleaseee :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga bingung, baiknya coba semuanya mbak, nanti tau mana yang cocok..

      Hapus
  31. infonya bisa menambah wawasan saya soal blogging
    terima kasih

    BalasHapus
  32. Makasih gan infonya, ijin share buat temen2 yah ;)
    keep blogging bro, ditunggu kunjungan baliknya_ :d

    BalasHapus
  33. thx buat postingnya gan...gw mau follow blog nya agan..tapi gak tau klik follownya d mna ya???

    btw kunjungi blog gw ya... http://titoparadise.wordpress.com/

    BalasHapus
  34. oke deh, sekarang udah paham perbedaannya. thanks infonya.

    BalasHapus
  35. Baru mampir nih hehe.
    Mantap masbro artikelnya. Saya sendiri punya keduanya dan masih blm bisa memutuskan mana yg lebih baik. Karena semua kembali pada si user mau diapakan blog yg dia kelola. hehe
    Makasi buat artikelnya masbro, keep post.

    BalasHapus
  36. bagus.pencerahan banget nitip aja.gilangsetiawan.blogspot.com

    BalasHapus
  37. Mantap gan infonya, dan salam kenal... sepertinya keduanya bagus ya, tapi menurut nyong sih, lebih bagus berpitur lengkap, bloger pastinya, hehehe

    BalasHapus
  38. Alhamdulillah saya pernah coba dua2nya, kalau menurut saya lebih mudah pakai wordpress soalnya tidak perlu melakukan edit html hanya perlu install plugin saja...

    BalasHapus
  39. Info bagus gan.. Jadi mencerahkan newbie kaya ane ini.
    Sekalian nitip gan.. kalo ada yang mau kredit nissan cicilan 1.7jtan
    hubungi ane di 02196461732

    Deva
    www.nissanjkt.com
    Tengkyu gan...

    BalasHapus
  40. manteppp!! ini artikel yang paling komplit! thanks infonya bro!
    gue make blogspot aja dah, lebih mudah, dan gak perlu nyewa hosting :D

    BalasHapus
  41. buat coment aja masih bingung...tapi cita2 pengin bisa buat blog ato wp..huhuhu..........

    BalasHapus
  42. thanks infonya.. bermanfaat ni buat ane.. mampiru juga yuk ke blog saya, saya pernah menulis tentang wordpress dan lainnya..itung2 tuker ilmu :) ini link nya http://blog.jaringanhosting.com/index.php/category/mysql_hosting/

    BalasHapus
  43. weleeee
    malah tambah pusing

    BalasHapus
  44. amazing..
    thanks.. :)

    BalasHapus
  45. Terima kasih info nya. Padahal sebelum baca artikel ini, saya mengira blogger itu ya yang ada tulisan blogspot.com di domainnya, namun ternyata bisa di redirect ya.

    Trims dan salam kenal

    BalasHapus
  46. hebat hebat.. yg nulis lucu juga. jadi seru ngebacanya walopun panjang :D

    BalasHapus
  47. berarti agan ini patuh sama bung Rhoma Irama, jangan begadang klo ga ada artinya, ini mah berarti banget kaya newbie like me hehehe....

    KUNBAL ya gan : http://www.toyotaetiosbandung.blogdetik.com

    BalasHapus
  48. Pola pikir saya menjadi terbuka akan tulisan ini. Terimakasih kawan :)

    BalasHapus
  49. Gaya tulisannya ga membosankan.. sukses!
    Oya ada pertanyaan nih.. kalau secara tampilan bisa dibedain ngga?

    BalasHapus
  50. bermanfaat!! walaupun topiknya agak berat buat yang baru belajar ngeblog kayk saya tp karna gaya bahasanya yang santai dan lucu jadi bikin pembaca gak bosan, mantep ;)

    BalasHapus
  51. mantem gan berguna ama menarik infonya
    makasi ya
    jempol 4 deh buat ente

    BalasHapus
  52. mantap gan 5 Jembol buat LOOK J

    BalasHapus
  53. Gan imajinasinya kok tinggi bgt.. Dapat bisikan gaib dari mana.. Wkakakakaka :-D

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.