Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Sabtu, 31 Desember 2011

Lakukan 6 tips ini untuk laptop atau PCmu di akhir tahun!


Waaaah..sebentar lagi 2012 ya? tahun yang katanya akan ada kiamat seperti yang di film, tapi itu untung sudah terbantahkan. By The Way, libur kemana nih tahun baruan? kalo gue mah tetep aja di depan laptop. Ada 1 hal yang selalu kamu anggap sepele tapi nantinya berakibat fatal, kalo kamu inget bersih-bersih rumah agar jadi kinclong di penghujung tahun, ingatkah anda bersih-bersih laptop? Emangnya apa aja yang bisa dibersihin di laptop?




1. Defragment

Mungkin udah lama laptopmu gak diurusin dan ini saatnya Defragment! buat apa? file-file yang ada di harddisk mungkin keliatannya rapi tetapi secara sistem mungkin saja berantakan. Defragment ini akan merapikan hal-hal tersebut agar secara sistem file-filemu rapi tersimpan di blok-blok tak terlihat di harddisk. Penting agar harddiskmu bisa awet di 2012, ya gak?

2. Clean Registry

Nyadar gak selama 2011 banyak install program trus uninstallnya? nyadar gak kalau selama buka program ternyata banyak terjadi error? nah lakukan bersih-bersih Registry untuk menghapus file-file gak berguna di sistem sekalian memperbaiki yang error-error.

3. Uninstall Program yang gak kepake

Kadang kamu sering install sebuah program yang akhirnya tak terpakai lalu lupa membuang programnya dari laptop atau komputer. Mumpung udah akhir tahun coba cari deh program-program gak guna itu lalu buang saja ketimbang menuhin harddisk.

4. Perbaiki Startup

Tahu gak yang bikin masuk ke OS lama? STARTUP PROGRAM alias program-program yang selalu keluar setiap masuk. Coba seleksi mana yang masih berguna mana yang tidak agar laptop atau PC gak lemot kuadrat karena program ini bener-bener biangnya lemot.

5. Rapiin file

Kalau terkoneksi internet pasti banyak file-file hasil download dan lupa kita rapikan. Sekarang saatnya bersih-bersih file terebut dan memilah mana yang berguna dan mana yang tidak.

6. Bersihkan debu

Sudah berapa lama gak bersihin debu laptop atau PC? atau jangan-jangan gak pernah? kalau ingat mandi maka jangan lupa juga bersihin gadget dari debu. Ini penting karena dengan bersihnya gadget maka semangat bekerja akan menjadi lebih tinggi bukan?

Untuk langkah 1,2,dan 4 silahkan cari softwarenya di Internet, kalo saran gue sih pake Tune Up Utilities biar makjos. 6 Hal tadi akan berguna untuk menyongsong Tahun baru 2012 karena laptop atau PC jadi lebih fresh di awal Tahun.

Akhir kata gue ucapkan

SELAMAT TAHUN BARU 2012

TETAP NGEBLOG TETAP BERKARYA

Salam Semangat

Putu Hadi a.k.a Lookj

4 komentar:

  1. Kalo Pake Linux gmana Cara defrag nya Bang..?

    BalasHapus
  2. ngapain di defrag bang???linux itu penyimpanan datanya sudah di entri...tidak seperti windows....

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.