Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Kamis, 13 November 2008

Ingat 5 hal sebelum memulai bisnis online



Saya cukup tergelitik dengan 2 pesan yang masuk ke email saya karena kedua emailnya menanyakan tentang bagaimana belajar bisnis online dan mengembangkan internet untuk mendulang uang. Ditambah lagi pertanyaan bagaimana menguangkan blog anda. Jujur saja, blog ini saya buat untuk share pengetahuan bagi para netter karena saya tahu di luar sana masih banyak yang awam dengan dunia internet dan saya sangat berharap setelah membaca blog ini maka pengetahuan tentang internet setidaknya bertambah. Sebagai contoh, ketika netter awam ke blog saya lalu melihat ebook gratis cara membuat blog, maka mereka akan mendownloadnya lalu belajar membuat blog, dan akhirnya terbukalah wawasan mereka, hehehe, sesederhana itu tujuan saya. Beberapa iklan yang saya pajang saya anggap bonus saja jika menghasilkan karena saya lebih mementingkan isi postingan ( kalau tidak percaya baca saja postingan saya, tidak ada yang hanya sekedar copas dan sekedar nulis aja ). Namun bagaimana dengan jawaban dari kedua email ini? saya tidak mungkin menyia-nyiakan orang yang sempat-sempat bertanya kepada saya. Untuk 2 orang yang bertanya ini saya punya solusinya, dan anda juga boleh membaca postingan ini tentang beberapa hal yang harus anda mengerti tentang dunia bisnis di internet sebelum anda memutuskan untuk benar-benar total menggelutinya.

Sebelumnya saya lampirkan isi pertanyaan dari kedua sahabat tersebut

Nama : Fachri
Isi : minta e-book tentang cara dapat uang dengan cara ngeblog, cara membuat template. Atau ajarin caranya donk. Bagaimana cara agar penghasilan ppc saya besar. Ajarin ya plizzzzzzzzzzz

Nama : Chilmy
gmn cara memasarkan atau cara bisnis online.
maklum krn saya orang baru, yg kepingin punya hsl.

Intinya kedua pertanyaan dari sahabat blogger itu adalah sama, yaitu bagaimana menghasilkan uang dari internet, inilah beberapa hal yang mesti anda ketahui:

1. Keputusan anda sudah tepat dengan memilih untuk menghasilkan uang melalui internet karena seperti yang sudah anda ketahui, siapa yang menguasai informasi, dialah yang akan menguasai dunia. Sekarang sudah menjadi trend siapakah yang berhasil menaklukkan internet, maka dialah yang akan menguasai uang. Pengguna Internet jumlahnya akan semakin banyak. Tidak ada kemungkinan bahwa jumlah pengguna internet malah semakin sedikit. Jadi jika anda berpikiran untuk menggeluti usaha di dunia maya, selamat..itu pilihan yang sangat tepat

2. Berbisnis di dunia maya tidak semudah membalik telapak tangan. Intinya, ambillah langkah pertama di dunia maya, misalnya anda ingin mengawali bisnis anda dengan membuat blog. Maka buatlah blog terlebih dahulu, jangan menunda-nundanya ( cara membuat blog bisa anda download disini ). Sangat tidak disarankan untuk berpikir terlalu panjang. Segera mulai mendalami dunia internet, menurut saya mulailah dengan membuat blog karena berbisnis di dunia maya intinya adalah promosi dan promosi, sama dengan dunia marketing dimana anda harus mempresentasikan bisnis anda agar meyakinkan klien. Blog adalah media promosi yang paling bagus di dunia maya karena anda tidak perlu keahlian dalam membuat web, maka buatlah blog.

3. Jika sudah melakukan langkah kedua, jangan dulu berharap terlalu banyak dengan blog anda menghasilkan banyak uang. Rata-rata blogger sukses telah lama mengelola blognya atau dengan kata lain sudah ngeblog selama lebih dari 2 tahun. Jadi jika anda baru ngeblog seminggu sudah ingin mendapatkan banyak hal jangan harap anda berhasil. Ngeblogpreneur juga sebuah proses yang tidak bisa dilakukan secara instan.

4. Konsisten, semua hal butuh kekonsistenan, banyak orang yang baru memulai bisnis onlinenya selama beberapa bulan lalu mundur secara bertahap. Itu artinya anda bukan enterpreneur sejati karena mental tempe seperti itu tidak diperlukan dalam berbisnis online. Yang anda perlukan adalah mental berani maju terus apapun yang terjadi, kelola terus bisnis online anda atau blog bisnis yang anda miliki. Abaikan semua suara-suara yang mencemooh, intinya anda sudah memulai. Semua pengusaha sukses tidak akan sukses jika tidak pernah memulai.

5. FOKUS!! itulah hal kelima yang saya harus beritahukan. Terkadang banyak orang yang mengambil banyak bisnis di internet dan akhirnya semuanya tidak terurus. Jika anda ingin menjadi reseller ebook fokuslah pada bidang reseller. Jika ingin ikut program PTC, maka fokuslah pada PTC, begitupula program lainnya. Anda harus FOKUS untuk mencapai suatu hal yang anda inginkan.

Itulah lima hal yang bisa saya share dengan netter atau blogger lain, masalah marketing-marketingan saya hanya tahu secuil dan tidak berani membeberkan lebih jauh karena takut jika tips yang saya berikan ternyata salah. Jika ada sahabat yang memiliki tips tentang marketing mungkin bisa memberi komentar pada postingan ini. Sekian postingan saya yang tidak berguna dan sangat umum di kalangan pebisnis online, mudah-mudahan setidaknya berguna bagi kita semua. Saya juga dalam proses belajar dunia Intenet dan bisnis online karena saya juga masih pemula.

"5 hal ini saya rangkum dari pebisnis online yang sudah berhasil dengan internet marketingnya"

NB: Bagi anda yang ingin mencoba berbisnis, saya ajak anda berbisnis dengan membaca keterangannya disini. Anda akan mendapat ebook panduan dari bisnis yang anda ikuti di link tersebut, dengan tidak dipungut biaya tentunya.

3 komentar:

  1. wah pertamaxxxx............!?
    asyik template sama ama punyaku...kalo da pa2 tentang uprek2 temlate ini dan semuanya,he...ajarin saya ya mas...thanks banget udah mau mampir di blog baru saya...

    BalasHapus
  2. Fokus merupakan faktor yang penting, karena bila tidak fokus biasanya tidak menghasilkan apa-apa..

    BalasHapus
  3. BETUL...BETULLL,,,,, kita harus Optimis...,,,
    karena sesungguhnya kesuksesan itu tidak hanya dilihat dri apa yg dia dapatkan, tetapi bagaimana dia terus bangkit dri keterpurukan.... dan itulah yg membawa dia ke arah kesuksesan....:lebay :lebay

    Silahkan mampir ke BLOG bisnis saya,

    http://harddiedanzer.blogspot.com

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.