Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Jumat, 12 Desember 2008

Inilah 5 alasan (kuat) anda ngeblog



Ini adalah postingan demi menyukseskan 1 juta blogger di Indonesia. Sesuai data yang dikeluarkan dari pesta blogger, terdapat sekitar 600 ribu blogger di Indonesia. Itu berarti masih kurang 400 blogger. Lalu apa alasannya ngeblog? banyak orang yang tidak paham arti dari ngeblog dan menyatakan menjadi blogger itu tidak ada istimewanya, atau takut duluan untuk memulai menjadi blogger karena melihat para blogger-blogger yang sudah duluan terkenal di dunia maya. Itu sangat salah!! inilah 5 alasan(kuat) mengapa anda ngeblog.

1. Bagi anak muda, blog adalah sarana gaul yang jauh lebih keren dari situs komunitas, karena di blog anda bisa bebas mengekspresikan dan mencurahkan unek-unek anda lalu mendapatkan respon dari para pembaca. Di sini terjadi komunikasi 2 arah antara blogger dan pengunjung blogger sehingga sangat asyik dijadikan ajang bergaul. Walaupun situs-situs komunitas melakukan hal yang sama, namun ada sensasi tersendiri berinteraksi melalui blog pribadi.

2. Mempunyai blog mau tidak mau membuat anda menulis sesuatu untuk ditampilkan di blog anda. Poin penting yang anda dapatkan adalah bagaimana membuat tulisan yang baik agar para pembaca tertarik untuk membaca dan mengomentari. Skill menulis adalah skill yang sangat penting dalam pendidikan, anda setuju? maka memiliki blog berarti belajar menulis untuk menyampaikan suatu informasi ke pembaca.

3. Banyak jenis blog di internet, mulai dari blog pendidikan, musik, bisnis, informasi internet, tutorial blog, dan berbagai topik lainnya dan ini sangat menguntungkan blogger karena dengan beragamnya topik maka terjadi transfer ilmu antara satu blogger ke blogger lain. Transfer ilmu ini membuat antar blogger saling melengkapi pengetahuannya.

4. Blog adalah sarana kita berdemokrasi. Di blog kita bebas menyuarakan suara kita dan jangan takut untuk dicekal karena kita mengkritik pemerintahan atau karena mengungkap fakta negatif di sekitar kita. Justru dengan mengungkap hal-hal seperti itu blog menjadi media kontrol sosial untuk membangun perubahan di negeri ini. Sering kita mendengarkan sebuah jargon yaitu "saatnya rakyat bicara", maka blog adalah sarana yang tepat untuk menyuarakan suara anda ke seantero negeri namun dengan batas-batas kesopanan tentunya.

5. Blogpreneur, pernah dengar? itu adalah istilah kegiatan ngeblog yang menghasilkan uang. Setelah lama mendalami dunia blog, ternyata blog tidak beda dengan bisnis yang bisa ditinggal dan terus menghasilkan uang. Contohnya saja GOOGLE Adsense. Beberapa blogger di negeri ini sudah mencicipi ribuan dolar dari adsense. Jangan ciut dulu, untuk awalnya anda bisa bermain review, pay per click, atau adsense lokal dan berbagai bisnis ngeblog lainnya untuk menguangkan blog anda. Lumayan bukan? ngeblog sambil menghasilkan uang.

Saya sempat tercengang ketika dosen saya memiliki anak yang umurnya 6 tahun sudah mulai ngeblog, waw....apa anda tidak merasa terlangkahi jika belum ngeblog? Sempat pula terdengar bahwa blogger adalah hacker. Mungkin saja iya tetapi tidak semuanya blogger adalah hacker karena aktifitas blogger dan hacker sangat berbanding terbalik. Di balik semua dampak postif tentu ada dampak negatif, namun itu hanya terjadi karena ngeblog yang terlalu berlebihan sehingga menyebabkan hal lain terbengkalai (kadang-kadang saya juga begitu). Jadi, apa salahnya anda mulai ngeblog?

12 komentar:

  1. e,amg bener tu semua alsanya tepat tpi klo aku sih lebih alasanya ke point no.5 ya...siiplah sukses untuk semua..

    BalasHapus
  2. blog sudah menjadi sahabat setia dalam kehidupan achiles sekarang ini..turut mensukseskan 1 juta blogger deh..kalo bisa 220 juta orang indonesia blogger semua biar tambah rame dunia blog ini..

    BalasHapus
  3. aku ngeblog pengen hidup abadi coz, jika q mati kelak, orang2 akan selalu mengingatkanku dengan karyaku.

    pada awal ngeblog saya bingung mau nulis apa namun, sekarang saya sudah semakin kritis karena blog dan siap menulis artikel2 lain yang saya harapkan dapat berguna buat semua.

    BalasHapus
  4. Benar Mas, saya sangat setuju dengan Mas Lookj. Tulisan yang sangat bagus Mas! :)

    BalasHapus
  5. @devianty : yah sebenarnya sih ujung-ujungnya itu juga mbak, hehehehe..
    @Achiles : wah, sejuta belum nyampe bang..
    @Cengeng : Sempet juga lookj kepikiran gitu lho..
    @Hangga : Makasih Hangga...

    BalasHapus
  6. Ya setidaknya kalo saya mati nanti saya bisa mewariskan blog saya kepada anak cucu, halah....

    BalasHapus
  7. bener sekali mas...ngeblog adalah kebebasan berekspresi.Mau nulis tentang apa aja boleh,mau narsis tentang diri sendiri silahkan,mau cari pacar lewat blog bisa juga^^..hoho
    nice post

    BalasHapus
  8. sampai sampai blogger juga dibilang tukang tipu hehe :P

    BalasHapus
  9. Sepertinya saya menganut ajaran yang kelima deh mas :D

    BalasHapus
  10. @Tukang Nggunem :hm...iya juga ya, kaya pahlawan aja
    @Nicko : Silahkan aja asal sopan ya..
    @Nyoman : YA kadang-kadang ada pihak yang asal ngomong dan sok ahli ya kaya gitu tuh..
    @Ndeso : saya juga tuh..

    BalasHapus
  11. Hm......... saya suka ngeblog karena saya suka menuliskan yang saya pikir. Wah, saya tak ada dalam daftar dunks...... huhuhuhuhu........

    BalasHapus
  12. cari duit :D
    coba lihat blogku penuh dengan uang :D

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.