Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Selasa, 02 Juni 2009

Trivia: Rahasia penjumlahan angka Joe Sandy



Yah ketahuan banget nih si lookj ketularan demam The Master soalnya tiba-tiba aja postingannya kok jadi magic magic gini. Ah gak juga sih, ini juga lagi bagi ilmu yaitu ilmu memecahkan salah satu trik Joe Sandy. Trik yang mana? pernah dalam salah satu episode si Joe Sandy mengumbar tantangan yaitu bagaimana mengisi kotak 4x4 dengan berbagai angka dimana satu baris tidak boleh ada angka yang sama tetapi jumlahnya dalam semua baris harus sama. Nah lo susah kan? keliatannya dia mikir si, cuma ternyata triknya gak lebih susah dari ngupil, huhahaha, check this out:


Coba kita flashback lagi gimana si Joe memecahkan kasusnya. Pertama-tama dia diberi kotak 4x4 yang kosong untuk diisi. Akhirnya ia bisa mengisi semua kotaknya dengan angka tepat dengan jumlah angka yang diinginkan penonton. Ceritanya Master Deddy nguji dia kembali dengan mengubah jumlah angkanya jadi 93. Beberapa saat kemudian si Joe kembali beraksi lalu dalam waktu sekian detik ia berhasil kembali. Standing applaus buat si Joe kamu tahu triknya mungkin kamu gak terlalu heran. Coba deh perhatikan ini:

1. Oke, sama seperti apa yang Joe Sandi lakukan, saya memberikan kotak 4x4 yang kosong ke kamu, sekarang tugasnya adalah melengkapi semua kotak ini dengan beberapa angka berbeda dengan jumlah yang sama. Lookj tentuin angkanya adalah 93 deh.

Image Hosted by ImageShack.us


2. Tarara...inilah dia semua angka yang gak ada yang sama dalam satu baris tetapi jumlahnya semua sama yaitu 93, look at this:

Image Hosted by ImageShack.us


Tanda merah menandai angka-angka mana saja yang dijumlahkan.

3. Bener kan? nah sekarang saya akan mengubah agar jumlahnya menjadi 100, bisakah dalam waktu yang singkat? sedikit mikir akhirnya dapat lagi jawabannya yaitu ini:

Image Hosted by ImageShack.us


4. Perhatikan baik-baik keduanya yaitu saat semua berjumlah 93 dan berjumlah 100, ada yang anehkah? ya kamu bener kalau melihat ada beberapa angka yang diubah sementara yang lainnya tidak, inilah dia angka yang diubah, lookj tandai dengan warna merah:

Image Hosted by ImageShack.us


5. Jadi kesimpulannya? benar sekali pemirsa, ternyata polanya hanya ada 1 dan kamu cuma perlu mengisi kotak yang kosong agar jika dijumlahkan pas dengan angka yang dimaksud. Ini polanya:

Image Hosted by ImageShack.us


6. Nah, misalnya lookj minta lagi agar jumlahnya 103 bisa gak? ya bisalah dengan mengisi kotak-kotak kosong itu menyesuaikan jumlah yang lookj maksud.

Gimana? bisa kan? ternyata ini bukan sesuatu yang gak bisa dipecahkan. Siap menantang Joe Sandy?

Thanks to Pak Robby Dosen Knowledge Management di kampus atas pengungkapan rahasianya

25 komentar:

  1. Mantap nieh MASTER LOOKJ (bukan MASTER JOE ya. .He he) jadi ingat matematika lage nih. . .

    BalasHapus
  2. wheheheeheh master lookje, masih mikir neh

    BalasHapus
  3. Wah... keren mas... Berarti Master Joe itu ahli matematika juga ya...

    BalasHapus
  4. waduh Bli..
    kok dibuka rahasiaku sih???

    BalasHapus
  5. kakve-santi @ sama saya juga mumet lihatnya :(

    BalasHapus
  6. keren juga ya ternyata...tapi masih hebat joe sandy..hahaha

    BalasHapus
  7. dari pada bingung mampir aja ke sini tentang bisnis affiliansi moreniche bonus yang kita dapetin saat daftar yang sebesar $15 dollar , kita juga bakal dapat $10 kalau posting di forum mereka,$10 kalau kita upload site mereka,trus $10 kalo kita mendatangkan pengunjung ke site/blog kita.Jadi, total bonus yang bakal kita dapetin tuh sebesar $45.

    BalasHapus
  8. ternyata master jo cuma menghapal rumus...
    angka ygn tetap 1 - 12..susunan'e juga udah ketauan...coaba aja liat..urutan baris satu sama baris 2 sama terus baris 3 sama baris 4 sama juga...

    BalasHapus
  9. yiu,, mantap,,,, ikutan the master aja bos,,hehe

    BalasHapus
  10. Jangan Jangan, Mau ikutan The Master Session 3 nih ..

    BalasHapus
  11. wakakakaka.., itu kok banyak tanggal merah, libur terus donk?

    BalasHapus
  12. mas pinjam postinganya yach......buat naikkin trafic....boleh ngga?????

    BalasHapus
  13. nich info.........
    tpi knpa ip q di banned di shoutmix.....?

    BalasHapus
  14. wah aku gak perhatikan masalah ini, ternyata cuman trik biasa.
    info bagus nih.

    BalasHapus
  15. waduh maaf nih kayak nya rumus nya bukan itu deh coba kalian buka di oktavis.com disitu lain banget rumusnya lebih pasti dan angka bebas nggak ada angka yang nggak bisa di ganti sorry "master lookj" anda masih harus belajar untuk masuk the master berapapun ....

    BalasHapus
  16. aneh yah, joe sandy ahli matematika tapi masuk kategori sulap...
    triknya seperti itu kan pedoman dari ahli matematika, ya gak? :)

    BalasHapus
  17. trik di atas adalah trik yang kurang tepat. jika ingin diseleaikan dengan matematika, selesaikanlah dengan metode sistem persamaan linear 16 variabel, maka akan ketemu kunci pemecahan yang sebenarnya. dan menurut solusi saya, ada tak hingga kombinasi angka yang mungkin untuk tiap angka tujuan(kalo yang tadi misalnya 93, 100, 103)

    BalasHapus
  18. seru nih... apalagi klo dipake di sekolah... bisa kayak master beneran wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  19. Wah keren nih.. saya dapat kesimpulan dari sini.. untuk mengisi pola yang kosong perlu sedikit rumus untuk mendapatkannya. misalkan kalau Kita beri nama pola yang kosong A=kolom satu, B=Kolom dua, C=kolom Tiga dan D=kolom empat. Nah kemudian angka yang diinginkan dikurangi 21, misal angka yang diinginkan 93 maka dikurangi 21 hasilnya adalah 72 (lihat gambar pd contoh 1) Angka tersebut kita masukan ke kolom A, Selanjutnya kolom C=A+1, D=C+1 dan B=D+1, Maka hasilnya A=72, C=73, D=74 dan B=75. Jika sudah kita dapatkan angkanya tinggal kita masukan ke kolom-kolom tersebut. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  20. hahahaha... ada jg yg ngebahas kyk gini, gw c dah bsa mecahin dri dulu!!!! pola yg ada emang seperti itu tinggal d modifikasi sndiri biar g ketahuan klo pke rumus,hehehe.... dan jgn lupa angka yg ingin d pecahkan tinggal d kurangi 21, cntoh 93 tpi smua angkanya d tmbh 5 dan hasil pengurangannya jg d kurang 5 jadi :
    13 68 16 6
    67 12 7 17
    8 14 70 11
    15 10 9 69

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.