Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Selasa, 22 September 2009

Menulis? tak butuh sepeserpun kok guys...


Yah, mumpung waktu luang lookj banyak mungkin lookj akan sedikit share bagaimana lookj bisa menerbitkan sebuah buku IT terbitan GAGASMEDIA, kalian mungkin penasaran dan juga ingin mengikuti jejak lookj kan? no problem,menulis sebuah buku adalah sebuah tujuan mulia apalagi menuliskan pengetahuan karena sebenarnya cara terbaik untuk merekam suatu pengetahuan adalah menulis, setuju??

Mungkin pikiran pertama teman-teman adalah...

lookj punya link di GAGASMEDIA sehingga lookj bisa menulis disana?

Tidak, lookj berasal dari sebuah kota kecil di Bali dan kuliah di Jakarta tanpa mengenal siapa-siapa, bahkan tidak ada keluarga di Jakarta. Yang ada hanya teman-teman kampus lookj, bapak lookj atau Ibu lookj bukanlah juga orang terkenal sehingga sampai kenal redaksi GAGASMEDIA di jakarta.

lookj sumbang uang untuk menerbitkan?

Tidak juga, lookj kuliah di Jakarta dengan bantuan pemerintah bukan biaya sendiri. Makan sebulan aja di Jakarta udah cukup apalagi sampai membantu penerbitan buku lookj, lookjngnya lookj ga mampu nerbitin buku dengan biaya sendiri.

Lalu??masa siiih?

Oke, banyak yang menanyakan hal ini dan lookj akan jelaskan karena ceritanya lumayan panjang. Awal semester 2(2007) lookj mulai tertarik dengan ngeblog setelah jalan-jalan di Gramedia Matraman Jakarta lalu lookj membeli buku ngeblog. Saat itu saking senangnya lookj ngeblog sampe bela-belain sering begadang di warnet samping Alfamart di Jalan OTISTA 2 Jakarta. Dan hasilnya lookj punya blog dengan tema awal adalah "Bagaimana mengenali dan mencegah virus" tetapi lookj tidak terlalu serius ngeblog karena waktu yang lebih banyak dihabiskan di kosan ketimbang di warnet.

Selang 4 bulan kemudian, lookj berhasil ngenet murah dengan salah satu operator.Hape soner lookj pakai sebagai modem, temanya berubah yaitu tentang motivasi diri dan curhat. Saat itu blog lookj lumayan rame dan lookj juga mulai serius membangun blog lookj dengan rajin blogwalking (jalan-jalan ke blog orang) juga selalu mengupdate blog entah itu dengan motivasi diri maupun curhat kuliah. Tetapi lookjng, internet murah tidak berlangsung lama dan lagi-lagi lookj meninggalkan blog lookj yang akhirnya mati.

Awal naik tingkat 5 lookj mulai semangat lagi ngeblog (pokoknya entah kenapa lookj gak berhenti walaupun udah 2 kali ujung2nya berhenti), lookj buat blog dari rumah lookj di Bali dengan alamat jcool.blogspot.com, lookj ingin mengubah alamatnya menjadi jkool.blogspot.com lookjngnya nama tersebut sudah dipakai orang. Akhirnya dengan sedikit iseng lookj balik nama blog tersebut menjadi lookj.blogspot.com (blog yang lookj urus sampai sekarang). lookj tetapkan blog tersebut membahas tentang teknologi yang "sederhana" bisa ditangkap oleh orang non IT.

Kali ini lookj tidak lagi mengandalkan pergi ke warnet atau internet murah, lookj mulai serius dengan membeli modem dan memakai salah satu operator GSM untuk ngeblog. Blog tersebut lookj manfaatkan juga untuk nyari-nyari uang saku di dunia internet dengan menerima jasa pemasangan iklan dan review produk, yah akhirnya usaha lookj tidak sia-sia karena sampai detik ini blog lookj sudah memberi lookj uang kira2 1juta dan 2 sepatu futsal gratis (uhuy).

Sampai suatu hari, mbak Windy, pemred GAGAS mampir di blog lookj (thanks God) dan mungkin sedikit baca-baca artikel IT lookj. Hari itu juga mbak Windy memberi tawaran ke lookj untuk menjadi penulis di GAGASMEDIA. Pertama, lookj lumayan tidak percaya sampai akhirnya benar-benar bertemu mbak Windy di Pondok Indah Mall dan membicarakan buku yang akan dibuat plus kontrak kerjanya. So dari deal hari itu lookj dapat 2 kontrak buku dengan deadline yang ditentukan oleh mbak Windy (walau akhirnya buku kedua agak molor deadlinenya)

So, dari kontrak tersebut yang mesti lookj lakukan ya hanya menulis dan mendapatkan royalti 15% dari jumlah buku yang terjual dikalikan dengan harga buku. Jadi masalah marketing dan promo itu adalah tugas penerbit bukan penulis. Tentunya lookj tidak menulis sendiri dan langsung tanpa diedit karena lookj juga bekerja berdua bersama editor untuk membuat bahasa tulisan yang sederhana dan mudah diserap pembaca. Nah itulah mengapa lookj bisa terbitin buku karena itu semua berkat blog lookj bukan link ke penerbit atau uang, tetapi bagaimana bagi kamu yang ingin mengajukan naskah?.

Ada 2 langkah yang selama ini lookj ketahui caranya :

1. Mengirim naskah lengkap

Biasanya kamu kirim naskah lengkap ke penerbit lalu selang beberapa hari naskahmu akan di approve atau direject oleh penerbit. Banyak penerbit buku yang memberlakukan ini, yah kalau kamu pengen nyoba ngikuti jejak lookj nerbitin buku di GAGASMEDIA coba saja kirim naskah ke sana (entah itu novel atau lainnya)

2. Mengirim naskah sebagian dan proposal buku.

Proposal biasanya bisa didownload di situs penerbit dan kamu diminta mengisi lengkap beberapa pertanyaan yang ada di proposal tersebut lalu kamu tinggal kirim proposalnya kembali disertai beberapa contoh BAB dari naskahmu. Hal yang memberlakukan cara ini salah satunya adalah Elexmedia.

Tenang saja, naskahmu harus dikirim dengan hardcopy agar nantinya bisa dikembalikan dan kamu tidak takut dibajak oleh penerbit.

lookj tidak menganggap diri lookj writer, lookj tetep blogger karena lookj memang suka nulis dari pertama berawal dari Blogger. lookj juga pertama kali menulis bukan melulu demi "uang" dan kalau memang lookj mendapat uang dari buku terbitan, lookj anggap itu adalah bonus dari kegemaran lookj menulis.

So, mari nulis dan kirim naskah kalian agar kalian bisa berbagi tulisan dengan orang banyak.

Happy writing guys...


Image Hosted by ImageShack.us


Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.
(Pramoedya Ananta Toer)

7 komentar:

  1. wah, hebat mas
    inspiratif banget nih.

    saya belum menemukan keahlian saya dalam menulis mas.

    moga bukunya jadi best seller

    BalasHapus
  2. Wah enak nih bisa punya buku yang diterbitkan tingkat nasional... Sempat pengen juga saya, moga aja kecapaian mas... Doakan ya... :D

    BalasHapus
  3. mantap banget, Pasti bukunya tambah laris manis :)

    BalasHapus
  4. nggak ada keberanian untuk publish mas baru berani di blog mudah-mudahan bisa seperti mas doyok yah

    BalasHapus
  5. aku cuma terbiasa nulis di blog dengan gprs :D
    semoga bukunya laris aja deh

    BalasHapus
  6. "pangeran datang. bukan dengan kekuatan tapi dengan senyum" Coment balas Coment Linkoeh juga pasng yokay....

    Comeng Balik coy


    Trik-tips Blog : Betul sekali itu mas LOOKJ

    BalasHapus
  7. cool .. mas
    vey inspiring ... nice posting

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.