Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Minggu, 10 April 2011

Like this ala Google, mengapa tidak ada not like this?


Google rencananya akan mengelarkan sebuah fitur baru bernama Google Plus One. Singkatnya fitur ini bisa merating suatu web dan hasil search yang nantinya hasil rekomendasinya bisa dijadikan pedoman user lain dalam menilai sebuah web. Jika sebuah web memiliki nilai plus yang banyak oleh user lain maka bisa dikatakan situs tersebut terekomendasi untuk dibaca. Sama seperti "Like This" pada Facebook, user harus Login terlebih dahulu untuk memberikan "+1" pada sebuah website. Jika ingin mengetahui lebih jelas coba lihat video di bawah ini:



Fitur ini memang sangat bagus untuk mengetahui website mana yang berkualitas karena belakangan ini banyak website yang hanya mengutamakan SEO ketimbang konten sehingga Google membuat Algoritma Panda untuk menangkal serbuan website penjebak di deretan indeks teratas Google.



Tetapi jika ada "+1" mengapa tidak ada "-1" ? bukankah jika merekomendasikan yang bagus kita juga bisa memberitahu mana yang jelek. Bisa saja ketika kamu search di Google lalu malah masuk ke situs "Auto Generated Content" sehingga yang kamu temui bukannya kata kunci yang dicari namun kembali searching di situs tersebut. Dengan begini lookj rasa minimalisir website "nakal" sejenis itu juga bisa dilakukan oleh Google ketika user memberitahu saat mereka searching.

Entahlah, bukan hanya Google yang meniadakan "-1", jika kita lihat maka di Facebook juga tidak ada "Not Like This" tetapi menurut lookj konteksnya beda antara Facebook dan Google. Like This hanya berarti menyukai status seseorang di Facebook sedangkan "+1" di Google berarti ganda yaitu menyukai sekaligus bisa menjadi acuan rekomendasi user lain, ya kan?

5 komentar:

  1. Kayaknya bagus juga.Moga-moga cepat muncul.Btw,seharusnya memang harus ada -1 itu,supaya website yang nakal berubah sikap jadi patuh dan baik kepada ortu (emangnya anak-anak) :-p

    BalasHapus
  2. Wah Mbah Google Makin hari makin hebat aja..

    BalasHapus
  3. Harusnya Google buatnya seperti di YouTube, bisa disuka dan bisa juga gak disukai.
    Jadi sebagai user lain kita bisa dapet rekomendasi yang tepat berdasarkan like or not like tsb :)

    BalasHapus
  4. ini mengikuti fitur wordpress.com....

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.