Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Sabtu, 22 Oktober 2011

Untuk android : Opera Mini atau Opera Mobile?


Pengguna perangkat mobile pasti sudah tidak asing dengan nama "Opera", browser ini sudah tersedia bagi berbagai platform. Pada Android terdapat 2 jenis browser Opera yaitu Opera Mini dan Opera Mobile. Biasanya user kadang bingung mau pakai yang mana dan menganggap pemakaian keduanya sama saja karena sama-sama Opera. Sebenarnya ini bukan penjelasan khusus untuk pemakai Android karena di OS lainpun juga terdapat 2 versi browser Opera. Ada baiknya mengenal perbedaan Opera Mini dan Opera Mobile ini agar tujuan yang kamu inginkan tercapai. Baiklah, mari kita lihat gambar di bawah ini:


Opera Mini

Seperti yang dijelaskan gambar di atas, ketika kamu browsing memakai Opera Mini maka permintaan download halaman web tidak langsung didapatkan melainkan sebenarnya didownload dulu oleh server Opera di Norwegia dan Amerika untuk dicompress (dimampatkan) sekitar 90% dan memiliki ekstensi OPML yang hanya bisa dibaca oleh browser Opera. Setelah pemampatan 90% barulah hasilnya dikirmkan ke browser Opera Mini di perangkat mobile mu. Kalau memang ke server dulu kenapa bisa lebih cepat? proses pemampatan itu tentu terjadi di belakang layar dan menjadi lebih cepat karena pemampatan berarti juga mengecilkan muatan loading sehingga membuka suatu web menjadi lebih cepat. Keuntungannya sudah tentu pada pemakaian pulsa, maka dari itu pakailah Opera Mini jika kamu pelit pulsa dalam browsing. Satu kelemahan pemakaian Opera Mini adalah gambar yang diterima biasanya banyak yang blur akibat pemampatan di server.

Opera Mobile

Berkebalikan dengan Opera Mini, Opera Mobile benar-benar melakukan apa yang dilakukan oleh browser Opera untuk Desktop. Sudah tentu mengakses halaman web tidak didahului dengan memampatkannya di server karena kamu benar-benar mendapatkan halaman yang kamu minta, Konsekuensinya pulsa/ kuota cepet tersedot dengan memakai Opera Mobile.

Gimana kalau memakai browser bawaan Android?

Browser bawaan Android tak jauh beda dengan Opera Mobile karena tanpa melalui proses kompresi data. Cuma memang banyak keunggulan browser bawaan Android dari segi pencarian Google maupun waktu tunggu.

Sekarang sudah jelas perbedaan antara Opera Mini dan Mobile kan? kalau gue sendiri lebih memilih memakai Opera Mini karena kuota cuma 1 GB dan sayang jika dipakai browsing hanya lewat mobile dengan Opera Mobile atau browser Android T_T;

source : my opera, Opera Indonesia

0 Responses to “Untuk android : Opera Mini atau Opera Mobile?”

Poskan Komentar

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.