Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Senin, 27 Februari 2012

Mau tahu KASKUS baru? ini dia review ekslusifnya!


Perubahan KASKUS memang sudah jauh-jauh hari dilakukan sebelum Kompasiana berubah di 2012, namun bedanya Kompasiana langsung mengeluarkan tampilan teranyarnya sedangkan KASKUS masih malu-malu dan hanya menyediakannya terbatas bagi beberapa user.Beruntung tadi pagi salah seorang teman gue yang KASKUSers sejati mengundang gue untuk mencicipi KASKUS versi Beta ini dan seperti biasa gue sangat bersemangat untuk mereviewnya.Oke, tanpa panjang lebar mari kita telaah satu persatu tampilan dan fungsi KASKUS terbaru..

Model Sosial

KASKUS tampaknya menyadari bahwa fitur sosial begitu digandrungi di Indonesia. Selain itu Forum-forum yang sejenis sudah menjamur, ini tentu juga pertimbangan KASKUS untuk benar-benar berubah dan tidak dianggap sekedar forum dan memang semua terjawab lewat tampilan profile nya.

13303476301220935975
profil user kaskus
Pada gambar di atas, bisa dibilang fungsinya serupa tapi tak sama dengan Kompasiana. Di halaman profil ini kita bisa melihat semua post dan thread dibuat, hot thread, hot reviews, beserta setting account. Benar-benar mirip dengan Kompasiana dan sangat sosial. Sebagai catatan, Home sekarang tak lagi diarahkan ke hot thread melainkan langsung ke profil.

Cuma satu yang gue gak sreg yaitu notifikasi berada di bagian bawah. Sangat jarang sebuah situs memuat Menu Notifikasinya di bagian bawah karena secara Interaksi Komputer dan Manusia ini tidak user friendly. Dulu sewaktu kuliah, gue pernah belajar bahwa menu paling bagus itu ada di kiri atas, yang memang diterapkan oleh Facebook sekarang.

Tampilan Forum

Hampir tidak berbeda dengan tampilan sebelumnya dengan memasang Hot Thread di bagian atas. Forum-forum lainnya sekarang ditampilkan semua dalam 1 halaman dan memang templatenya begitu modern dan bisa dibilang unyu.
1330348965185603632
tampilan forum utama
Forum Jual Beli (FJB)

Salah satu forum paling ramai adalah FJB. Forum ini masih tetap memiliki 1 halaman khusus dan sekaran dipercantik lagi dengan Hot Review di bagian atasnya plus kategori dibagi 2 menjadi "Want to Sell" dan "Want to Buy". Tentunya ini sangat memudahkan user untuk membeli atau menjual barang.
13303490291263807970
FJB kaskus
Tetapi menurut gue di halaman FJB ini masih miskin fitur, contohnya saja E-Pulsa yang kini malah hanya berupa link padahal sebelumnya di-embed juga pada halaman FJB.

Tampilan Thread

Hampir tidak ada yang berbeda dari segi struktur tetapi tampak lebih rapi. Yang paling mantap adalah quick reply pada bagian bawah (hanya pada user donatur) diisi lengkap beserta smiley dan editor WYSIWYG. Poin plus buat hal ini karena me-reply benar-benar jadi quick :D

13303491071342017242
Tampilan Thread
13303491581410865926
quick reply

Create Post

Quote, spoiler dan insert Video tidak lagi sesusah dulu karena sekarang sudah disertakan pada editor post, benar-benar kemajuan bagi editor post KASKUS. Sekarang user tak perlu lagi masuk ke sebuah Thread untuk mempost karena konsepnya 1 editor post untuk semua kategori forum.
1330349258675777793
Create New Thread
Gue tidak tahu apakah "captcha" masih diisi di user biasa karena kebetulan gue donatur maka memang tidak ada captcha.

Search yang lebih baik

Dulu fitur search KASKUS sangat parah sampai-sampai gue mencari kata kuncinya di Google baru diredirect ke KASKUS. Sebagai percobaan gue memakai 2 kata kunci yaitu "Jersey Inter Milan" dan "Lounge iPod". Biasanya dengan 2 kata kunci ini hasilnya serampangan tetapi kali ini tidak karena hasilnya sudah lebih baik bahkan bisa difilter menurut forum dan tanggal.
13303493221004939688
hasil search 1
1330349368919016365
hasil search 2

Tetapi jika dibandingkan dengan search Google, memang algoritmanya belum bisa menandingi, walau begitu mudah-mudahan ke depannya KASKUS terus mengembangkan sehingga hal yang relevan benar-benar ada di bagian atas (misalnya dengan tidak menyertakan nama user sebagai hasil pencarian).

Secara keseluruhan KASKUS baru memang lebih sosial dan menurut gue sangat jempolan untuk semakin mengokohkan diri sebagai Komunitas terbesar di Indonesia.Kali ini tidak ada lagi plagiator karena KASKUS sudah punya identitas sendiri.Terakhir, gue punya jatah 25 untuk mengundang user KASKUS untuk mencicipi tampilan Beta ini, tertarik? silahkan komen disini jangan sampe kehabisan karena gue juga menawarkan di Kompasiana :D

0 Responses to “Mau tahu KASKUS baru? ini dia review ekslusifnya!”

Posting Komentar

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.