Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Rabu, 31 Desember 2008

Pertarungan blogger 2008


Selagi anda membaca ini mungkin tahun akan segera berganti atau sudah berganti tetapi bagaimana kalau kita mencermati apa yang sudah dilewati dunia blogger selama 2008. Dunia blogger tidak hanya dunia kesenangan untuk menulis maupun bergaul tetapi juga dibumbui unsur-unsur pahit manis yang mewarnai dunia blogger sehingga dunia perbloggeran menjadi lebih matang di tahun ke depan. Sepanjang tahun 2008 terjadi beberapa insiden yang menguji kekuatan para blogger dimana insiden tersebut makin menguatkan persatuan blogger tanah air. Dan inilah beberapa insiden versus yang saya rangkum selama 2008


Image Hosted by ImageShack.us

1. Blogger vs Roy Suryo

Stop stop jangan esmosi dulu, lookj mengerti siapa sih yang tidak tahu Om Roy Marten Suryo?dia adalah pakar telematika yang sering berseliweran di dunia pertelevisian Indonesia mengomentari masalah kejahatan dunia maya. Permasalahan antara blogger dan Om Roy lumayan sangat pelik karena bukan hanya 1 hal. Om Roy sempat menuduh sebuah komunitas blogger di Bandung sebagai hacker yang membuat komunitas tersebut sangat berang. Sesuai yang saya kutip dari WIKIPEDIA, dia juga sempat menyamakan blogger dengan hacker. Inilah kutipan dari WIKIPEDIA: "Keraguan ini semakin bertambah sejak dikeluarkannya Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik, dikarenakan berbagai komentar Roy Suryo yang menuduh bahwa defacing situs-situs pemerintah dilakukan oleh para blogger dan hacker , menunjukkan bahwa ia bahkan tidak mengerti bahwa blogger hanyalah istilah yang dipakai untuk orang-orang yang menulis catatan harian di internet dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan defacing atau tindak pembobolan website lain. Perseteruan Roy Suryo dengan para blogger meruncing setelah dia mengatakan bahwa blogger adalah tukang tipu.". Untuk selanjutnya akhirnya Om Roy mengatakan sudah banyak blog yang berguna karena banyak blog yang konsepnya sekarang bukan catatan harian lagi tetapi media informasi.

And the winner is Blogger, karena dalam WIKIPEDIA menjelaskan bahwa awalnya Om Roy tidak bisa membedakan antara blogger dan hacker jadi ketidakngertiannya tentang definisi blog menjadi titik menangnya blogger terhadap pernyataan om Roy Suryo. Fakta juga membuktikan bahwa pernyataan Roy Suryo yang mengatakan ngeblog itu cuma trend tidak terbukti karena blogger di Indonesia justru bertambah banyak dan satu hal yang membuat blogger tidak akan pernah mati adalah informasi yang terus bertambah layaknya bola salju.

Image Hosted by ImageShack.us

2. Blogger vs Blogger

Jangan salah respons dulu, ini bukanlah pertengkaran antar blogger Indonesia atau bukan tonjok-tonjokan blogger di dunia nyata. Seseorang yang mengklaim dirinya orang Singapura membuat blog yang isinya membandingkan antara Malaysia dan Indonesia dimana dalam setiap perbandingannya selalu melecekan Indonesia dan perbandingannya menurut banyak blogger adalah sebuah analogi aneh, contohnya saja ia membandingkan gedung modern dengan bangunan kuno. Hal ini membuat para blogger dan netter berang sehingga banyak yang beramai-ramai untuk melaporkan blog ini ke blogspot. Setelah ditelusuri ternyata blog ini kemungkinan adalah tandingan blog orang Indonesia yang menghina Malaysia. Yang terjadi ya akhirnya blogger versus blogger deh...saling gontok lewat postingan.

And the winner is nothing, saling gontok ini tidak akan bisa dimenangkan oleh pihak manapun karena pertarungan terjadi sesama blogger apalagi saling hina menghina negara. Kalau kita menyalahkan blog yang menghina negara Indonesia lalu apa yang akan kita lakukan terhadap blogger yang menghina Malaysia? menurut lookj jangan jadi blogger yang tidak baik, laporkan saja kedua blog karena jika tidak maka adu posting terus akan terjadi.

Image Hosted by ImageShack.us

3. Blogger vs Pesta Blogger

Beberapa blogger Indonesia sempat menentang pesta blogger yang diadakan di beberapa daerah. Ini terjadi karena blogger tersebut merasa daerahnya tidak terlewati acara pesta blogger padahal disana terdapat komunitas blogger yang anggotanya banyak. Blogger-blogger ini memasang banner yang isinya menolak diadakan pesta blogger.

And the winner is Pesta Blogger, acara pesta blogger tetap dijalankan dan semoga di tahun ke depan daerah yang belum terlewati bisa dicakup oleh pesta blogger.

Image Hosted by ImageShack.us

4. Blogger vs Alexa

Alexa belakangan ini sering error dan banyak blogger menjadi kesal, ini sih sebenarnya tidak pantas disebut versus karena blogger tidak bisa melawan maksimal walaupun beberapa postingan blogger mengulas tentang Alexa yang sering error ya pihak Alexa tidak bisa menanggapi karena mungkin memang sedang maintenance yang menyebabkan banyak rank Alexa di blogger yang error. Jadi kalau error yang sabar aja yah walaupun lagi kejar setoran review.

And the winner is absolutely Alexa

Image Hosted by ImageShack.us

5. Blogger vs Kapanlagi.com

Ini adalah kasus perseteruan blogger yang terbaru dan terhangat dimana kelupaan Kapanlagi mengumumkan pemenang kontes pemasangan banner berbuntut panjang setelah banyak blogger melakukan aksi solidaritas memposting kelupaan (atau lebih pantas disebut keegoisan) Kapanlagi. Kapanlagi bahkan beberapa hari tidak memberi pernyataan resmi tentang pengunduran waktu pengumuman pemenang yang membuat blogger mendesak Kapanlagi mengumumkan pemenang kontes tersebut. Pada akhirnya Kapanlagi menanggapi dengan memberikan pernyataan bahwa pengumuman diundur dan jadilah Kapanlagi tepat pada tanggal 31 Desember mengumumkan 10 pemenang pemasangan banner Kapanlagi.

And the winner is blogger, para blogger berhasil membuat Kapanlagi mengumumkan pemenang kontes walaupun Kapanlagi mengklaim cuma mengundur waktu pengumumannya.

Huff buanyak juga yah ternyata perjalanan blogger selama 2008, ada yang mau menambahkan?

11 komentar:

  1. Good review..
    Syukurlah kapanlagi sudah mengumumkan

    BalasHapus
  2. posting akhir tahun yang sip punya... jd tau sedikit sejarah. ada tambahan lagi bos, blogger baik vs weblog esek esek ... hehe..

    BalasHapus
  3. Wah ini sejarah blog indonesia selama 2008 yah??

    BalasHapus
  4. weh sebagai newbies diriku berterima kasih atas sejarah blog
    walo diriku belum bisa disebut bloger karena gapteknya diriku

    BalasHapus
  5. wah-wah-wah-wah aku mau donk kaus yang dipake sama 2 cewek itu... hikhikhik

    BalasHapus
  6. @Erik : diumumkan tetapi masih banyak yang ragu kesahannya
    @mr-mung : wahahahaha..mr mung tau aja
    @Si Kurochan : Yah begitulah
    @Suwung : anda blogger terkenal gitu sok merendah ah
    @Indra : fansnya kapanlagi nih?

    BalasHapus
  7. wah wah kapan nih blogger versus kecebong dan hewan amphibi laen wkekekkeke

    BalasHapus
  8. Blogger vs mak erot ... and the winner is blogger coz anunya (komunitas) blogger tambah lama tambah besar dan gak bisa dikecilin oleh mak erot sekalipun hehehe ada2 aja nie..salut dehh..

    BalasHapus
  9. Gimana dengan tahun depan ya??? Pasti tambah seru aja... wkwkwkw...

    BalasHapus
  10. kayaknya ada yang terlewat tuh.. blogger Vs Wordpress(er)...

    BalasHapus
  11. Huheuehuehu...... seru juga perseteruannya. hihihihi...............

    Semoga semakin seru dan blogger semakin sering menang. Huahuauahuhau.......

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.