Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Selasa, 02 Desember 2008

Traffic gila-gilaan di akhir bulan


Image Hosted by ImageShack.us


Mengecek kunjungan perhari adalah jadwal rutin bagi seorang blogger. Ini dilakukan untuk mengetahui berapakah pengunjung yang datang setiap harinya dan juga merupakan indikator kepopuleran sebuag blog. Siapa sih blogger yang gak mau blognya dikunjungi banyak orang? kecuali blogger yang memiliki blog pribadi yang isinya hal-hal privat yang tidak boleh dibaca orang. Kebetulan bulan kemarin (tepatnya 2 hari lalu) saya mengecek traffic blog saya di hari terakhir. Saya sangat terkejut melihat jumlah traffic yang lumayan gila-gilaan!!maklumlah karena sebelumnya pengunjung di blog saya rata-rata 80-an perhari namun setelah saya cek trafficnya tepat di akhir bulan menunjukkan peningkatan luar biasa besar. Anda bisa lihat gambar di atas bagaimana grafik meningkat jauh dari kisaran 80-an dan terakhir malah menjadi 150. Whew...ganas, andai saja bisa seperti itu tiap hari, tetapi saya ingat beberapa hal yang membuat blog saya wajar dikunjungi banyak orang. Bagi anda yang ingin tahu apa saja, silahkan lanjut membaca.Para blogger seperti saya dan anda tentu sudah sering belajar dari sang master-master blog yang traffic blognya boleh dibilang luar biasa. Jadi sungguh sangat biasa jika saya menceritakan teknik dan triknya untuk memperbesar traffic blog anda. Tetapi tunggu dulu, ini bukan trik dari master blog yang saya copy paste, tetapi trik yang saya terapkan dan sudah terbukti. Saya cuma membagi kisah kepada anda bagaimana tahap membangun traffic, sebagai bukti saya sudah mencantumkan bukti traffic saya yang naik di akhir bulan. Anda bisa mencoba cara-cara dashyat ini!!:

1. Hal utama yang dianggap sepele oleh blogger adalah blogwalking, kenapa? karena seorang pemilik blog terkadang egois karena ingin blognya banyak dikunjungi tetapi tidak ingin mengunjungi blog lain. Kasarnya mereka menganggap blogger akan datang dengan sendirinya melalui konten blognya yang bagus. Mustahil kawan, sebagus-bagusnya konten blog anda jika tidak diberitahu ke blogger lain susah menyebarnya. Blogger sekelas Kang Rohman pun pasti melakukan blogwalking ketika memulai membuat blog. Jika kita ibaratkan sebuah produk yang kita hasilkan, percuma saja jika tidak ada promosi, siapa yang akan tahu?

2. Daftar di search engine, sudahkah anda? jika belum maka segeralah mendaftar dan lihat artikelnya disini. Mendaftar di search engine terutama di GOOGLE dan YAHOO sangat membantu meningkatkan traffic anda. Tidak mungkin sebuah blog hanya dikunjungi blogger lain ( kecuali memang anda mensettingnya seperti itu ) karena nettter-netter lainnya pasti juga mencari sesuatu dengan kata kunci lalu mencarinya di search engine dan beruntunglah anda jika blog anda bisa ada di halaman pertama pencarian. Ini namanya trik SEO, saya tidak akan bahas karena mungkin jika saya sudah berhasil mendapat pagerank baru saya ungkapkan beberapa caranya ( saya harap anda percaya karena saya sudah berhasil juga ). Intinya mendaftar di search engine itu sangat penting, jadi daftarlah segera!

3. Perhatikan konten, jika anda membaca buku Yaro Starak maka anda pasti mengerti apa yang saya bicarakan. Konten suatu blog dinilai bermutu jika sudah memberikan nilai tambah kepada para pembacanya, blog andakah?. Setiap orang yang mendapatkan sebuah informasi dari suatu sumber maka dapat dipastikan dia akan kembali lagi untuk mencari info lain. Pernahkah anda berlangganan koran atau membeli koran yang sama setiap pulang kerja? itulah yang saya maksud. Jika anda masih mengejar update harian namun belum memberi nilai tambah kepada pengunjung tidak masalah, anda masih dalam tahap pembelajaran seperti saya. Itulah alasan mengapa belakangan ini postingan saya cukup sepi karena benar-benar mencari hal yang bisa membuat anda plong setelah membaca blog saya. Saya berharap setelah membaca postingan-postingan di blog ini anda berkata " Oh jadi begitu ya...", satu nilai tambah buat anda dan otomatis penambahan pengunjung tetap buat saya.

4. Sebenarnya poin inilah yang terampuh diantara ketiga poin lainnya. Bisa dibilang ini adalah tahap akhir untuk membuat traffic anda meningkat. Poin 3 juga mendukung poin ini, kenapa? saat anda memiliki konten yang bagus untuk memberi nilai tambah kepada pembaca jangan lupa untuk mempostingnya juga di web info lainnya. Anda belum mengerti? sekarang banyak situs-situs yang memberikan keanggotaan kepada anda dan anda bisa memposting berita ke dalam situs tersebut untuk selanjutnya dibaca dan dikomentari orang juga melink ke blog anda. Anda bisa mencoba infogue.com atau lintasberita.com. Namun yang membuat traffic gila di blog saya adalah lintasberita.com. Saat saya memposting membuat email domain sendiri, pengunjung datang bertubi-tubi tanpa henti yang meroketkan traffic blog saya. Coba saja sendiri, namun yang perlu anda perhatikan adalah konten berita anda yang benar-benar berbobot.

Mungkin itulah beberapa hal yang membuat traffic meningkat, ini asli saya alami sendiri. Yang terpenting jangan lupa juga selalu mengurus blog anda karena maintenance lebih susah daripada saat proses membuatnya. Keep posting dan berikan nilai tambah kepada orang lain...

10 komentar:

  1. wuih keren tuh mas trafiknya..seep..thanks buat rahasianya..bisa diterapin nie..langsung ke TKP ah..

    BalasHapus
  2. Sip tuh Mas...

    Ngomong2, tampilan blognya sekarang jauh lebih rapi ya.. :D :D :D

    BalasHapus
  3. Yups betul mas, saya bikin blog udah lama tapi ga pernah diurus, jarang posting, pengunjungnya dikit banget, tapi waktu saya mulai pelihara dan daftarin di sosial bookmarking lumayan pengunjungnya bertambah

    BalasHapus
  4. @Achiles : Blog anda mungkin lebih rame lagi om...
    @Hangga Nuarta : biasa, maintenance
    @Ramkur : yup betul banget, perlu maintenance yang bagus...

    BalasHapus
  5. saya juga pernah merasakan kebahagian yg sama , cuman ada juga kecewanya, banyak pengunjuny yg hanya berniat blogwalkin dan tulis jejak di chat box terus ngeloyor pergi... banyak juga yg pasang iklan, bahkan sampek berkali-kali.. chatbox emang berguna untuk mengundang traffic, tapi traafic jenis apa yg datang, nah itu yg dipertanyakan ...

    BalasHapus
  6. wew 150, ituh orang?
    traffic awal dari komentar dan klik
    tergantung yg diharapkan yg mana

    *sok teu kali diriku ini hohohoho

    BalasHapus
  7. hemmm... tips yang bagguss...

    BalasHapus
  8. @ adrian : keren juga.......vi low cara black hat'x ada gk.....

    BalasHapus
  9. saya coba dech mudah2an traffic saya meningkat..amin

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.