Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Minggu, 19 Juni 2011

Fungsikan Android sebagai hotspot (tahukah anda?)


Sebagian besar teman saya selalu bertanya mengapa memilih Smartphone Android dan bukan merk lain seperti Blackberry ataupun Apple? Kemarin teman kantor menanyakan kembali hal yang sama dan saya menyuruhnya untuk menunggu sejenak. Beberapa saat kemudian saya bertanya apakah handphonenya memiliki fasilitas wifi. Ia mengamininya dan saya beritahu untuk menyalakan wifi lalu menscan koneksi. Awalnya dia bertanya untuk apa tetapi kemudian ia melihat hasil scan hotspot di sekitarnya dan tertera nama “Android”.

Ya, Smartphone Android dengan OS 2.2 (Froyo) memiliki kecanggihan yang mungkin anda belum terlalu manfaatkan yaitu menjadi sebuah hotspot. Untuk orang yang selalu mobile dan butuh koneksi internet di laptop maupun handphone, maka Android adalah pilihan yang tepat. Dengan fitur hotspot bawaannya maka anda tidak perlu yang namanya modem karena ntuk mendapatkan koneksi internet di laptop maka tinggal hidupkan Wifi Laptop lalu cari hotspot androidnya.

Untuk di Androidnya sendiri, menu hotspot ini ada pada Settings-Wireless and Networks - Tethering and Portable Hotspot - Centang Portable Wi-Fi hotspot.

Di market juga tersedia aplikasi Wifi Tethering, silahkan download di link ini.












Ada perbedaan antara aplikasi tethering dari bawaan Froyo dan Aplikasi dari Market. Untuk bawaan Froyo bisa diberi password agar tidak sembarang orang bisa memakainya sedangkan untuk di aplikasi market tidak ada pengaturan password namun kita bisa memilih IP user yang bisa memakai hotspot. Jadi sebenarnya kedua macam cara tethering ini memiliki filter yang sama kuatnya.

Bagaimana? apakah anda tertarik memakai Android setelah mengetahui fasilitas ini? menurut saya cukup efektif ketimbang memakai Modem dan smartphone karena dengan memakai Android bisa memakai 1 paket untuk pemakaian mobile maupun non-mobile. Tetapi jangan lupa dengan memakai fasilitas tethering ini maka baterai akan cepat habis, apalagi jika sinyal yang didapatkan tidak terlalu bagus.

Selamat Mencoba!

6 komentar:

  1. Sesuai dengan harganya speknya juga canggih , jadi ngiler pingin beli smartphone apa daya sekarang nasih pake symbian

    BalasHapus
  2. WaAAHHHHH g sia2 ambiilll experiaaa....wawkakwkawkakwkawaw

    TQ TQ TQ

    BalasHapus
  3. pengen jg ne.. bgmn kecepatan yg qt tangkap di laptop? apakah secepat paket yg qt beli (misal beli paket 3,1mbps)

    BalasHapus
  4. liat kmampuanx pngen sih,tpi apa daya buget gk nyampe heheh!!!

    BalasHapus
  5. @munir : ya sabar aja dulu mas, nabung beli Android :D
    @Vjmaster : pengen beli ya beli aja :)
    @XXXtree : selamat datang di dunia Android
    @pintu jati : maksimal speed sesuai spec HPnya, kalo kecepatan internet ya sesuai paket yang dipake..
    @anonim : sabar aja dulu :) btw lain kali jangan komentar pake anonim karena kalo anonim saya hapus..

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.