Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Kamis, 27 Oktober 2011

Selamat Hari Blogger Nasional


Karena malas nulis (masih di Kantor) gue kutipin aja ya dari salingsilang


Tanggal 27 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Hari Blogger pertama kali dideklarasikan di Jakarta, 27 Oktober 2007 oleh Menteri Komunikasi dan Informatika saat itu Muhammad Nuh. Hari Blogger Nasional juga bersamaan diadakannya ajang pertemuan para blogger terbesar yang pertama se-Indonesia yaitu Pesta Blogger.

Peran blogger di masyarakat saat ini sangat strategis dimana internet sudah menjadi kebutuhan untuk memperoleh informasi. Dari hal-hal kecil seperti sekedar curahan hati sang penulis sampai hal besar seperti kebijakan pemerintah dan perilaku orang-orang di dalamnya dapat menjadi informasi yang baru bagi masyarakat.

Kita ingat bagaimana gerakan ‘Koin Untuk Prita’ yang diprakarsai oleh para netizen yang di dalamnya termasuk komunitas blogger untuk membantu seorang ibu di Tangerang bernama Prita Mulyasari yang dituntut oleh sebuah rumah sakit swasta internasional karena dituduh telah mencemarkan nama baik rumah sakit tersebut. Keberhasilan gerakan koin Prita ini juga menjadi inspirasi bagi gerakan-gerakan koin sosial lainnya.

Maraknya peristiwa pelecehan seksual di angkutan umum Jakarta akhir-akhir ini ditanggapi sinis oleh pemangku jabatan di daerah. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo bahkan mengatakan bahwa pelecehan seksual terjadi karena para korban (wanita) memakai pakaian yang memancing pelaku untuk melakukan perbuatannya. Foke dengan entengnya mengatakan ‘Jangan Pake Rok Mini di Angkot’ jika tidak ingin menjadi korban pelecehan seksual.

Ucapan orang nomor satu di Jakarta ini ditanggapi keras oleh netizen dan komunitas blogger di dunia maya yang akhirnya meluas ke masyarakat. Demonstrasi yang memprotes komentar yang dianggap melecehkan wanita itu akhirnya membuat Foke meminta maaf dan meralat ucapannya. Pemerintah DKI Jakarta pun mengeluarkan kebijakan dengan merazia angkutan umum yang memakai kaca gelap yang rawan kejadian pelecehan dan mulai 20 November 2011 semua supir angkutan umum diwajibkan memakai seragam dan tanda pengenal.

Di Hari Blogger Nasional yang memasuki tahun ke empat ini, para blogger kembali menceritakan pengalaman dan kenangan mereka dalam dunia blogger. Linimasa Twitter ramai dengan ucapan selamat, kenangan para blogger tentang awal mula memasuki dunia blog, pertemuan dan pertemanan mereka dengan teman sesama blogger, sampai curahan hati mereka karena sudah lama tidak mengurus dan meng-update tulisan di blog.


dan dengan ini lookj mengucapkan



SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL

0 Responses to “Selamat Hari Blogger Nasional”

Poskan Komentar

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.