Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Jumat, 29 Mei 2009

Ngapain kamu ngeblog?? (mencoba mengupas blogging dari sisi manusia..)


Postingan ini cuma mengobati kejenuhan memposting tutorial melulu. Lookj yang selalu memperlihatkan sisi ngeblog dari techno side akan berbicara ngeblog dari segi manusia, wah apaan nih ngomongin ngeblog dari sisi manusia?.

Mungkin ini pengaruh dari buku blog "Ngeblog dari hati" nya Ndoro Kakung yang diterbitkan GAGASMEDIA. Mengapa? yah, dalam ringkasan yang sempet lookj baca Ndoro Kakung mengatakan "Ngeblog itu bukanlah lari jarak pendek yang ketika bendera start dikibarkan maka langsung berlari lalu seketika berhenti di garis finish, ngeblog adalah sebuah lari marathon." Artinya ngeblog adalah sesuatu yang jalannya sangat panjang dan hampir tidak bisa dilakukan dengan sangat cepat tetapi selalu step by step. Seketika lookj jadi ingat bagaimana dulu lookj memulai blogging dan selalu menjadi tuntunan lookj dalam membuat sebuah blog. Berbeda blogger tentu berbeda juga tujuannya, ada yang ingin meraih income dari blogging, ada yang hanya ingin mengungkapkan isi hatinya lewat blogging, ada yang ngasih2 tutorial ke blogger lain, ada yang ngeblog gak jelas dengan topik-topik yang gak jelas juga, yah beragamlah. Intinya, lookj baru menyadari perkataan Ndoro Kakung secara garis besar mungkin benar, semua dimulai dari hati. Lookj selalu memiliki prinsip "Blogging for Sharing", dan prinsip itu selalu lookj pegang dari awal blogging. Tengoklah kata-kata posting blog pertama lookj yang sempat lookj rekam di awal ngeblog kalau gak salah lebih dari setahun lalu:

j-kool memutuskan masuk kelas komputer di perguruan tinggi tersebut,j-kool ingin memajukan diri sendiri juga kawan2 j-kool dengan berbagi info di blog ini. Kesimpulan dari semuanya jack,kepintaran adalah penting,tapi kepintaran kalah oleh uang(lho??maksute merujuk pada teman j-kool itu). Jadi ada dua hal yang mesti kita cermati dalam kehidupan,jadikan dirimu cerdas ilmu juga cerdas finansial,mari kita berbagi info keduanya,its time to share...(maaf rada aneh kata2nya)


Dengan sedikit tersenyum lookj membaca ulang postingan tersebut, bagaimana semangat sharing sudah lookj pertahankan dari dulu hingga sekarang. Semangat lookj mencari kepuasan batin membagi sesuatu kepada seseorang (waktu itu pengen nulis tentang mengatasi virus) terasa membahana ketika itu semua datang dari hati. Seorang sahabat pernah menertawai lookj saat pagerank lookj turun, begini kira-kira pertanyaannya: " Jadi pagerankmu turun ya? hehe, sekarang kamu berhenti ngeblogkah?", Tidak, semangat lookj ngeblog bukanlah sekedar mencari sebuah pagerank saja. Itu juga mengapa sampai sekarang lookj tetap ngeblog dengan pagerank 0. Satu lagi sahabat yang baru-baru ini menanyakan hal yang hampir sama. "Jadi proyek bukumu udah hampir selesai ya?, aku denger buat buku itu royaltinya cuma 10% dan itu dikit banget" bahkan Bapak lookj berstatement yang menurut lookj bukannya mendukung, kira-kira seperti ini: "Halah, kamu tuh bakalan dijadiin sapi perahan oleh penerbit". 2 pernyataan terakhir mungkin sebuah hal yang bener-bener aneh buat lookj, sejak dulu juga yang menjadi kepuasan lookj ngeblog atau menulis bukanlah uang belaka(bahkan jadi sapi perahan, gak ngerasa tuh). Puas rasanya teman-teman lain berkata "makasih ya, aku baru tau caranya" atau "thanks ya J, aku jadi bisa". Yup, kalau kamu selalu ngeblog dari hati, menulis dari hati, tidak akan ada hal lain yang kamu rasakan selain kepuasan batin dari tujuan-tujuanmu itu. . Tetaplah ngeblog sesuai hatimu dan ingat ini adalah sebuah perjalanan panjang yang pasti ada rintangan-rintangannya. Jadi, menurutmu ngeblog itu?

Terinspirasi juga dari tulisan Dee di blog GAGASMEDIA

4 komentar:

  1. pertamaks...

    ngeblog adalah sesuatu yang menarik..hehe

    BalasHapus
  2. ixixixixi kata kata jadulmu lucu.. no komen ah..g ada ngeblog dri sisi kecebong yak

    BalasHapus
  3. Yupz... Dari hati turun ke ladang... (??)...

    Semangat mas nerusin bukunya!! :)

    BalasHapus
  4. Bli..aku sendiri sih sebenernya gak terlalu ngerti apa manfaatnya PR itu
    kalo buat para pebisnis online mungkin sangat penting ya
    mungkin juga kalo bintang film gitu menjadi tolok ukur ngetop atau tidaknya artis itu

    bener gak kira-kira gitu?

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.