Baca lewat email biar asik ->
author

Artikel ini ditulis oleh : Putu Hadi

Putu Hadi adalah Blogger dan Penulis penyuka Android. Follow saya di Twitter, artikel ini bermanfaat buat kamu? jangan lupa tinggalkan komentar ya...


Senin, 09 Februari 2009

Temukan kata kunci yang bagus untuk blogmu


Blogwalking itu ternyata enak juga sampai membuat lookj lupa waktu lho. Walaupun begitu lookj menemukan manfaatnya dan menemukan blogger Bali lainnya yang tulisannya lumayan membuat lookj tertarik(sumpah tulisannya bukan lainnya, hwahahaha). Ya kalau ada apa-apa jangan salahin juga blogger kesepian gini, wkwkwkwk...Kali ini tutorial aja ah, cape ngoce gak jelas nih. Waktu blogwalking ketemu 2 blogger yang nanya, namanya Ponari( bukan Pok Nori) nanya "lookj, topiknya gimana sih biar bagus?" terus didukung Tiyo yang juga menimpali "Iya nih lookj, bagi-bagi ilmu", hoalah lookj udah kaya Sinto Gendeng ngajari Wiro Sableng aja nih. Yaudah deh, lookj gak ngasi gimana buat topik yang baik karena jelas-jelas blog ini aja topiknya ngalur ngiwul. Cuman kalau ngebantu itu lookj kasih kailnya aja bukan ikannya biar bisa mancing sendiri, siapa yahu dapet ikan gede atau buaya, siapa tahu kan...Nih ada tips buat blogger sekalian ataupun netter yang ingin tahu nyari topik yang pas buat blog atau webnya.

Mungkin sudah banyak yang mengetahui cara ini atau mungkin juga banyak yang belum tahu yah? you wis kalo yang belum tahu mari kita nimbrung aja yah. Cara yang lookj rekomendasikan adalah memakai GOOGLE trends. Apa tujuan memakai GOOGLE trends? hayo...

Sebenarnya di GOOGLE trends kita bisa melihat dari daerah mana saja orang mengakses kata kunci yang kamu pakai di blog. Dengan mengetahui pangsa pasar dari daerah mana maka sangat memudahkan kita mengisi konten yang diperlukan untuk blog kita. Selain itu kita juga bisa melihat banyaknya pengunjung yang mengakses kata kunci tersebut sehingga kita bisa memilah-milah mana kata kunci yang akan dipakai yang berarti nantinya juga akan mempengaruhi topik blog kita(blibet euy..)

Daripada blibet praktekin pake contoh aja ya, misalnya si Badu ingin membuat blog dan dia kebingungan mau pakai topik apa. Dan akhirnya pikiran cemerlang menghinggapi dia sehingga si Badu memutuskan untuk memakai topik Internet Marketing saja buat topik blognya. Sebagai opsionalnya (Badu ngerti kata opsional gak ya?) dia memikirkan juga kata tips Internet dan berita Internet. Walaupun namanya katrok si Badu ini ternyata perhitungan juga, dia buka www.google.com/trends lalu memasukkan kata kunci pertama ke dalamnya, seperti inilah langkah-langkah si Badu mencari topik buat blognya:

Image Hosted by ImageShack.us


Tentunya dia menekan tombol search trend setelah memasukkan kata kuncinya, inilah hasil search trend si Badu dengan kata Internet Marketingnya:

Image Hosted by ImageShack.us


Si Badu langsung bergumam "hooh pengakses kata kunci ini paling banyak dari Indonesia tah, dan bahasanya juga pake Indonesia plus kotanya Jakarta, okeh2", setelah itu si Badu memasukkan lagi 2 kata kunci lainnya untuk melihat perbandingan diantara ketiga kata kunci tersebut.

Image Hosted by ImageShack.us

Image Hosted by ImageShack.us


Finally, si Badu sekarang tahu pilihannya sudah tepat karena diantara ketiga kata kunci tersebut yang paling banyak dicari ternyata Internet Marketing. Ya begitulah akhirnya cerita tentang si Badu berakhir dengan hepi ending. Si Badu sekarang hidup bahagia bersama blognya, wkwkwkwk....


ON BOOK

12 komentar:

  1. hennah kalo bwt trafik ya emg kek gitu caranya kl yg sekedar having fun ya suka suka

    BalasHapus
  2. Wah... saya apa adanya aja Mas... Ga kepikiran ngejar trafik gitu. Hehehehe...

    Tapi mungkin nanti ngejar trafik juga. Seiring perkembangan. Hehehe...

    BalasHapus
  3. sep lah, ilmu bermanfaat sekali...opa mah asal tembak aja, apa yang ada di otak keluar ja...cespleng gitu...
    soal traffic urusan kedua, kl dapet ma Syukur, kl gak...gak pp...
    :D

    BalasHapus
  4. Mantap lah, siiipp!!! *Bungkus*

    BalasHapus
  5. Lumayan jg ide nya tuh... saya akan coba ahh

    BalasHapus
  6. Gitu toh caranya biar tau..:) thank bro..

    BalasHapus
  7. @lookj : baru sempet nanggepin komentar plus nyoba emoticon, terimakasih ya semuanya.... :o

    BalasHapus
  8. Yang kayak gituan katanya disebut sebagai trik SEO ya? meski sumpah saya gak mudeng hal2 kaya gitu..

    Tapi jujur saya akui traffic ke blog saya agak2 kebantu sama postingan lama saya yang gak sengaja saya kasih judul yang pake kata "bokep", walhasil sampe sekarang masih aja banyak yang nyasar....hahahaha

    BalasHapus
  9. kata orang, idealisme berbanding terbalik dg trafik?

    BalasHapus
  10. Blog anda bagus, silahkan berkunjung balik ke
    www.multimediasmknegeri8semarang.blogspot.com. Terima kasih.

    BalasHapus
  11. ajib....bbuuuuukkkkk.....

    BalasHapus
  12. bagaiman mendaftar keyword ya mas, belom tahu nih , maklum masih baru

    BalasHapus

Artikel ini berguna? jangan menjadi silent reader, saya akan selalu menjawab komentar

Ada 2 aturan berkomentar yaitu jangan asal komentar, jangan mengiklan, hargai penulis yang membuat artikel ya..terima kasih.